Pipa satu dengan yang lain, tidak bisa disambung begitu saja tanpa sebuah sambungan. Benda yang digunakan untuk menyambungkan antara pipa satu dengan lainnya inilah yang disebut sebagai fitting pipa, atau disebut juga sambungan pipa. Jenis-jenisnya pun macam-macam, misalnya seperti fitting pipa jenis elbow, reducer, tee y, cap, dan lain sebagainya.

Mengenal Dua Jenis Fitting Pipa Secara Garis Besar

Namun sebelum kamu menyambungkan pipa-pipa tersebut menggunakan fitting pipa, kamu juga harus memikirkan apakah sambungan terebut bersifat permanen atau sementara. Sebab, jika berbeda kebutuhan, berbeda pula jenis fitting yang digunakan nantinya. Jadi lebih baik untuk memastikan terlebih dahulu sebelumnya.

Dua Macam Fitting Pipa yang Perlu Diketahui

  1. Welded Component

Disebut sebagai welded component(komponen yang dilas) karena memang cara penyambungan pipa dilakukan dengan cara pengelasan. Cara ini menghasilkan sambungan yang permanen sehingga tidak bisa dibuka begitu saja.

Namun, kelebihannya adalah bisa menahan aliran tanpa takut sambungan akan terlepas. Dikarenakan hal ini, fitting pipa jenis welded component biasanya digunakan di bagian main line atau garis utama.

Jenis fitting welded component ini pun dibagi menjadi dua lagi, yaitu butt welded component dan socket welded component. Untuk butt welded component, proses pengelasannya akan langsung dilakukan di bagian butt pipa maupun fitting pipanya.

Sedangkan untuk socket welded component, cara penyambungannya dengan memasukkan socket fitting ke pipa, lalu baru dilas di bagian fillet antara pipa dan fitting pipa.

  1. Threaded Component

Apabila fitting jenis welded digunakan untuk sambungan permanen, maka sebaliknya dengan threaded component. Pipa jenis ini memiliki uliran yang bisa disambung dan dilepas kapan saja.

Kelebihan pipa jenis ini adalah kamu bisa melakukan perbaikan atau penanganan dengan mudah ketika terjadi sesuatu. Pipa mudah dilepas dan bahkan diganti jika terlihat sudah mulai rusak. Biasanya, threaded component digunakan untuk fitting pipa-pipa mesin, compressor, dan lain sebagainya.

Di antara dua jenis penyambungan pipa tersebut, kamu bisa memilih yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan. Bentuk-bentuk fitting pipa ada macam-macam, mulai dari yang cap, concentric reducer, concentric tee, cross, coupling, elbow, equal tree, half coupling, union, dan lain sebagainya. Masing-masing bentuk digunakan untuk kebutuhan sambungan yang berbeda-beda.

https://www.mediaartikel.com/wp-content/uploads/2020/07/Mengenal-Dua-Jenis-Fitting-Pipa-Secara-Garis-Besar.jpghttps://www.mediaartikel.com/wp-content/uploads/2020/07/Mengenal-Dua-Jenis-Fitting-Pipa-Secara-Garis-Besar-290x218.jpgpipip pipipPROPERTIartikel properti,fitting pipaPipa satu dengan yang lain, tidak bisa disambung begitu saja tanpa sebuah sambungan. Benda yang digunakan untuk menyambungkan antara pipa satu dengan lainnya inilah yang disebut sebagai fitting pipa, atau disebut juga sambungan pipa. Jenis-jenisnya pun macam-macam, misalnya seperti fitting pipa jenis elbow, reducer, tee y, cap, dan lain...Media kumpulan artikel informasi dan tips