Ketika sedang merencanakan liburan bersama keluarga, mungkin banyak dari Anda yang memilih wisata alam sebagai lokasi yang yang akan dikunjungi. Alasannya karena pemandangan alam yang masih alami dan juga udara yang segar baik untuk anak. Apalagi kalau tempat yang lagi ngetop di sosial media, wah pastinya nggak mau ketinggalan dong. Jadi deh langsung siapin waktu, dana, dan asuransi travel online untuk perlindungan selama liburan.

Sebenarnya hal tersebut tidak salah jika Anda lakukan. Toh wisata alam memang memberi banyak manfaat. Namun

travelling dengan anak
travelling dengan anak

tahukah Anda bahwa selain wisata alam, sebenarnya ada satu jenis wisata lagi yang memberi banyak manfaat, yaitu wisata sejarah. Yap, wisata yang mungkin tidak banyak peminatnya ini sebenarnya sangat bermanfaat loh untuk si kecil, dan berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  1. Mengajarkan anak untuk memahami sejarah dengan cara yang lebih menarik. Beberapa museum ataupun tempat wisata sejarah biasanya menyediakan tour guide yang akan menceritakan mengenai sejarah yang terkait dengan benda-benda yang ada di sana. Tour guide ini umumnya memiliki kemampuan komunikasi yang bagus sehingga dapat menyampaikan informasi dengan cara yang menarik.
  2. Anak akan mendapatkan berbagai informasi baru tidak hanya terkait sejarah saja tetapi juga berbagai hal lainnya. Sebab terkadang tour guide akan memberikan informasi-informasi tambahan yang cukup bermanfaat mengenai sejarah dan hubungannya dengan saat ini.
  3. Anak akan lebih memahami dan menghargai sejarah. Misalnya Anda mengajak anak ke museum yang berkaitan dengan pejuangan, anak akan bisa lebih memahami perjuangan para pejuang terdahulu sehingga bisa lebih menghargainya.
  4. Anak bisa belajar untuk berinteraksi dengan orang di sekitarnya. Misalnya ketika anak penasaran dengan suatu hal, Anda bisa meminta sang anak untuk menanyakannya langsung pada tour guide.

Meskipun usia anak-anak adalah usia yang tepat untuk mengajak anak ke museum, Anda tetap harus memperhatikan usia minimum dan jenis museum yang akan dikunjungi. Jika museum perjuangan, maka sebaiknya ajak anak ketika usianya sudah cukup besar untuk bisa memahami berbagai hal sehingga informasi yang dijelaskan akan dapat dipahami dengan baik. Sementara untuk anak yang masih terlalu kecil Anda bisa mengajaknya ke museum yang lebih menyenangkan, seperti museum boneka, museum wayang, atau sejenisnya. (Vita)

mediaTRAVELlartikel liburan,liburan anak,tips travelling,travelling dengan anakKetika sedang merencanakan liburan bersama keluarga, mungkin banyak dari Anda yang memilih wisata alam sebagai lokasi yang yang akan dikunjungi. Alasannya karena pemandangan alam yang masih alami dan juga udara yang segar baik untuk anak. Apalagi kalau tempat yang lagi ngetop di sosial media, wah pastinya nggak mau ketinggalan...Media kumpulan artikel informasi dan tips