Pergi liburan bersama anak, tentulah sebuah kegiatan yang sangat menyenangkan. Itulah alasannya, banyak orangtua yang mengambil cuti dari tempat kerjanya saat libur sekolah tiba, agar bisa mengajak anak kesayangannya berlibur. Ada yang mengajak anaknya berlibur ke area terbuka, ke tempat wisata edukasi anak di Jakarta, atau ke museum.

Museum? Yap, tempat ini ternyata masih menjadi lokasi wisata favorit para orangtua, loh. Mengapa demikian? Berikut ini adalah beberapa alasannya:

  1. Murah

Banyak sekali museum yang ada di Indonesia. Bahkan, di Jakarta saja, Anda sudah bisa berkunjung ke banyak

museum
museum

museum hanya dengan datang ke Kota Tua, Jakarta Barat. Tidak perlu khawatir dengan pengeluaran, karena harga tiket masuk di semua museum ini cukup terjangkau. Tidak hanya itu, ada beberapa museum yang bahkan memberikan harga khusus dengan syarat tertentu.

  1. Menambah wawasan

Namanya juga museum, pasti akan ada ada sebuah wawasan baru yang didapatkan anak dari kunjungan tersebut. Mengenai wawasan atau ilmu apa yang didapatkan, tergantung pada museum apa yang dikunjungi. Jika Anda ingin pengetahuan anak mengenai museum yang dikunjungi dapat maksimal, Anda bisa memanfaatkan jasa tour guide di beberapa museum yang memang menyediakan. Sayangnya, tidak semua museum di Indonesia memiliki jasa ini.

  1. Menghargai sejarah

Banyak museum di Indonesia yang berisikan sejarah perjuangan rakyat Indonesia pada zaman penjajahan dulu. Dengan mengajak anak berkunjung ke museum perjuangan seperti ini, anak akan tahu bagaimana sulitnya para pejuang terdahulu mempertahankan kemerdekaan. Anak akan tahu bahwa tanpa perjuangan mereka semua, maka negara ini tidak akan setenang dan sedamai sekarang. Dengan begitu, anak akan lebih bisa menghargai sejarah dan menghormati perjuangan pahlawan.

  1. Mengetahui proses

Ada beberapa museum di Indonesia yang berisikan proses, baik itu proses terbentuknya atau terjadinya sesuatu, seperti letuusan gunung berapi, atau proses kerja seperti pada beberapa museum bank. Namun, agar anak bisa benar-benar memahami sebuah proses, Anda harus aktif dalam membimbing anak.

Selain murah, ternyata mengajak anak ke museum memberikan banyak manfaat. Jadi, yuk mulai ajak anak berwisata ke museum. Apalagi saat ini sudah banyak musem anak-anak unik di seluruh dunia yang bisa menjadi pilihan tempat Anda. (Vita)

mediaLAINNYAliburan anak,manfaat museum,museum di jakartaPergi liburan bersama anak, tentulah sebuah kegiatan yang sangat menyenangkan. Itulah alasannya, banyak orangtua yang mengambil cuti dari tempat kerjanya saat libur sekolah tiba, agar bisa mengajak anak kesayangannya berlibur. Ada yang mengajak anaknya berlibur ke area terbuka, ke tempat wisata edukasi anak di Jakarta, atau ke museum. Museum? Yap,...Media kumpulan artikel informasi dan tips