Ternyata cemilan tidak hanya berfungsi sebagai konsumsi di sela-sela waktu makan saja, lho. Sebab ada cemilan yang bisa membantu untuk tetap awet muda, cemilan untuk meningkatkan mood kamu, bahkan ada pula cemilan untuk diet. Nah, bicara tentang cemilan untuk membantu menurunkan berat badan, cemilan rendah kalori menjadi menu wajib bagi seseorang yang sedang diet. Mengapa? Sebab, cemilan tetap dibutuhkan mekipun seseorang sedang diet, agar pada saat mengonsumsi makanan utama, porsinya akan lebih terkontrol. Namun, agar menghitung kaloridapaat mendukung dietnya, maka cemilan yang boleh dikonsumsi adalah cemilan dengan kandungan kalori yang rendah.

Tapi, apa sih sebenarnya kalori itu? Mungkin kamu sudah sering mendengarnya, akan tetapi, apa kamu yakin kamu sudah benar-benar memahaminya? Nah, supaya kamu benar-benar yakin bahwa pemahamanmu tentang kalori selama ini sudah benar, langsung saja yuk kita bahas.

Menurut situs alodokter, kalori adalah takaran energi dalam makanan. Sementara itu, menurut Dokter spesialis gizi klinis, Samuel Oetoro, kalori merupakan satuan untuk energi, seperti gram untuk satuan berat. Itulah sebabnya, dengan menyeimbangkan jumlah kalori yang masuk ke tubuh dengan jumlah energi yang digunakan untuk beraktivitas akan membuat kita memiliki berat badan yang ideal.

Dari penjelasan di atas, sudah jelas bahwa kalori memiliki peran penting bagi tubuh sebagai sumber energi. Artinya, kamu tidak boleh begitu saja menghindari semua makanan yang memiliki kalori tinggi, khususnya jika kamu memiliki aktivitas fisik yang cukup banyak. Sebab, bisa jadi kamu justru akan kekurangan kalori sehingga tidak memiliki energi yang cukup untuk melakukan berbagai aktivitas keseharian.

Setiap orang memiliki kebutuhan kalori yang berbeda, jadi kamu tidak bisa menyamakan kebutuhan kalorimu dengan orang di sekitarmu. Ada beberapa hal yang bisa memengaruhi perbedaan kebutuhan ini, antara lain:

  • Jenis kelamin

Pada umumnnya, wanita membutuhkan kalori sebanyak 1.600 – 2.400 kkal (kilokalori) perhari. Sementara pria membutuhkan sekitar 2.000 – 3.000 kkal per hari.

  • Aktivitas

Semakin tinggi tingkat aktivitas yang kamu lakukan, maka jumlah kalori yang kamu butuhkan akan semakin tinggi pula. Namun, aktivitas yang dimaksud adalah aktivitas fisik yang aktif menggunakan energi. Meskipun begitu, bukan berarti karyawan kantoran yang hanya bekerja di belakang meja tidak membutuhkan kalori, karena tubuh tetap membutuhkan energi untuk proses bernapas, dan sebagainya. Hanya saja, jumlahnya akan lebih sedikit dibaandingkan yang memiliki aktivitas fisik.

  • Usia

Semakin bertambahnya usia seseorang, maka akan semakin sedikit pula kebutuhan kalorinya. Sebab, seseorang yang berusia lanjut (memasuki usia 80 tahun) pada umumnya memiliki aktivitas yang lebih sedikit dibandingkan dengan seseorang yang masih berada pada usia produktif.

Sekarang sudah paham, kan, mengenai kalori ini? Jadi, jangan asal menghindarinya hanya karena takut gemuk ya. Asalkan kamu menjaganya agar kalori yang masuk lebih sedikit daripada jumlah energi yang digunakan, maka berat badanmu akan tetap ideal. (Vita)

mediaBODY & MINDSEGAR & RILEKSartikel diet,artikel kesehatan,cara hitung kalori,menghitung kaloriTernyata cemilan tidak hanya berfungsi sebagai konsumsi di sela-sela waktu makan saja, lho. Sebab ada cemilan yang bisa membantu untuk tetap awet muda, cemilan untuk meningkatkan mood kamu, bahkan ada pula cemilan untuk diet. Nah, bicara tentang cemilan untuk membantu menurunkan berat badan, cemilan rendah kalori menjadi menu wajib...Media kumpulan artikel informasi dan tips