Waspadai Blindspot Truk untuk Hindari Kecelakaan

Kecelakaan lalu lintas sangat sering terjadi, terutama didaerah perkotaan dan jalan tol perbatasan antar kota. Hal ini disebabkan banyaknya kuota pengguna jalan raya, ruas jalan raya yang belum memadai masih sering ditemukan dan kurangnya disiplin pengguna kendaraan itu sendiri. Kejadian kecelakaan yang paling sering ditemukan adalah kecelakaan yang diakibatkan truk-truk besar, seperti truk logistik sampai truk untuk distribusi bahan bakar. Hal yang paling sering menjadi alasan mengapa truk sering mengalami kecelakaan adalah blindspot atau titik buta truk yang tidak diketahui pengendara lain. Mobil truk fuso atau mobil truk lainnya memiliki blindspot atau titik buta

blind spot

blind spot

yang harus Anda ketahui untuk mengindari kecelakaan.

Blindspot atau titik buta adalah beberapa spot yang tidak bisa terlihat oleh mata telanjang kita, bahkan pantulan cermin kaca spion, sehingga sulit untuk mengetahui keberadaan kendaraan lain disekitar.Tiap kendaraan memiliki blindspot yang berbeda-beda. Di artikel kali ini, akan dibahas titik buta yang dimiliki mobil truk.

1http://otofreak.com

Gambar diatas memperlihatkan bagian mana saja yang menjadi blindspot truk (warna orange). Anda perlu mengingat dan memahami titik-titik buta ini, karena risiko kecelakaan sangat besar ketika Anda mengendarai kendaraan Anda di area buta tersebut. Hindari berkendara di area blindspot untuk menjaga keamanan Anda. Perlu diketahui juga ukuran seperti tinggi, lebar dan panjang truk mempengaruhi kecil dan luasnya titik buta kendaraan. Semakin tinggi truk semakin besar dan luas blindspot –nya.

Kebiasaan yang terburuk yang biasa dilakukan orang-orang di lalu lintas adalah terburu-buru dalam bekendara. Ngebut dan sering menyalip adalah dua hal yang biasa dilakukan untuk meminimalisir waktu perjalanan. Padahal ngebut dan sering menyalip kendaraan-kendaraan lain bisa menjadi alasan mengapa banyak kejadian kecelakaan lalu lintas. Kebiasaan tidak disiplin dalam berkendara tidak hanya membawa malapetaka untuk Anda, namun juga untuk orang lain. Biasakan diri untuk selalu mengikuti semua aturan lalu lintas yang ada, juga tetap bersabar ketika berkendara. Lebih baik Anda menghabiskan waktu lama dijalan daripada nyawa –nya yang melayang.