Mulai banyak masyarakat yang beralih menggunakan transportasi umum di bandingkan dengan membawa kendaraan pribadi. Ada beberapa alasan yang membuat mereka memilih hal tersebut, diantaranya yaitu lebih praktis, menghindari kelelahan menyetir saat macet, lebih hemat dan berbagai alasan lainnya. Hal ini ditunjang dengan ketersediaan sarana transportasi umum yang semakin ditambah jumlahnya untuk memenuhi kebutuhan masyarakan. Berbagai transportasi umum yang sering di jadikan pilihan yaitu Taxi Jakarta, Transjakarta, Angkutan

Times Square, New York City, New York State, Night, Taxi

Kota dan CommuterLine. Namun bagi orang yang mengutamakan kenyamanan, mereka biasanya akan lebih memilih menggunakan Taxi Jakarta dibandingkan kendaraan lainnya. Karena lebih bersifat pribadi (tidak digabungkan dengan penumpang lain) juga lebih nyaman.

Namun ada beberapa orang yang merasa ragu ketika harus naik taxi, terutama ketika sendirian atau pada malam hari. Beberapa kasus kenakalan atau kejahatan yang dilakukan oleh supir taxi membuat mereka merasa tidak aman ketika harus berada dalam taxi sendirian. Berikut ini beberapa kasus yang pernah terjadi:

  • Argo

Ada beberapa kasus yang berbeda mengenai masalah argo ini. Ada beberapa supir taxi yang menolak menggunakan argo dan langsung memberikan tarif (yang biasanya lebih mahal dari harga normal) kepada calon penumpangnya. Ada juga supir taxi yang memainkan argonya sehingga tarif yang dihasilkan lebih mahal dari tarif normal. Selain dua kasus diatas, ada juga supir yang sengaja mengajak penumpangnya melaui jalan yang lebih memutar, biasanya hal ini terjadi pada wisatawan atau pendatang baru yang belum mengenal Jakarta.

Untuk mengatasi masalah ini, lebih aman jika penumpang memilih taxi yang sudah cukup dikenal, dan pastikan pada supirnya bahwa kalian ingin menggunakan argo. Biasanya taxi yang sudah cukup punya nama akan berfikir lebih panjang jika ingin memainkan argonya, karena menyangkut nama baiknya. Selama perjalanan, jangan memperlihatkan bahwa kalian tidak mengenal kota ini, bersikaplah wajar dan seolah sudah mengenal kota ini dengan baik.

  • Perampokan

Hal ini yang mulai sering terjadi, terutama sering kali menimpa penumpang wanita pada malam hari. Kasus ini bisa terjadi dengan 2 kondisi, yaitu perampok bekerjasama dengan supir atau perampok tidak bekerjasama dengan supir.

Untuk mengatasi hal ini sebaiknya kalian segera menginformasikan merk taxi, nomer taxi, nama pengemudi kepada kerabat terdekat begitu kalian menaiki sebuah taxi. Dan pastikan bahwa supir taxi adalah orang yang sama dengan yang tercantum pada data supir (bukan supir pengganti). Selain itu hindari melewati jalan sepi dan berusahalah agar terlihat seolah kalian sedang berkomunikasi dengan orang lain sepanjang perjalanan.

  • Penipuan

Hal ini sebenarnya tidak terlalu berbahaya namun tetap merugikan penumpang taxi. Ada 2 trik yang dilakukan, pertama yaitu supir berpura-pura tidak memiliki kembalian sehingga penumpang terkadang harus mengiklaskan membayar lebih mahal. Yang kedua supir dengan cepat menukar uang dengan uang yang telah disiapkan, misalkan kalian membayar dengan uang 100ribu rupiah, saat kalian tidak memperhatikan supir tersebut menukar dengan uang 10ribu dan kemudia mengatakan bahwa kalian membayarnya kurang.

Untuk mengatasi hal ini usahakan kalian membayar dengan uang pas dan perhatikan terus tingkah laku supir taxi jika kalian membayar dengan uang yang membutuhkan kembalian hingga kalian menerima uang kembaliannya.

mediaLAINNYAMulai banyak masyarakat yang beralih menggunakan transportasi umum di bandingkan dengan membawa kendaraan pribadi. Ada beberapa alasan yang membuat mereka memilih hal tersebut, diantaranya yaitu lebih praktis, menghindari kelelahan menyetir saat macet, lebih hemat dan berbagai alasan lainnya. Hal ini ditunjang dengan ketersediaan sarana transportasi umum yang semakin ditambah...Media kumpulan artikel informasi dan tips