Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh para pengusaha terkait usahanya yaitu, masalah kurangnya modal usaha yang mereka miliki. Apalagi ketika usaha masih dalam tahap berkembang, masalah modal ini seolah menjadi satu hal yang hampir dirasakan oleh para pengusaha. Untuk mengatasinya, banyak dari mereka yang memutuskan untuk mengajukan pinjaman modal usaha kecil. Dengan pinjaman ini, mereka berharap usaha mereka akan tetap berjalan tanpa mengalami masalah, dan dapat semakin maju.

Yap, mengambil pinjaman sebagai sumber tambahan modal usaha memang menjadi salah satu jalan yang banyak

modal usaha
modal usaha

dipilih. Namun waspadalah, karena jika kamu salah mengajukan, pinjaman ini justru bisa menjadi boomerang untukmu.

  • Lakukan perhitungan sebelum mengajukan pinjaman

Cobalah melakukan perhitungan secara detail tentang keuangan usaha kita. Dari hasil perhitungan ini, kamu akan mengetahui berapa jumlah modal yang kamu butuhkan dan juga keuntungan bersih rata-rata setiap bulannya. Rata-rata keuntungan inilah yang akan kamu gunakan sebagai dasar batasan kemampuanmu membayar cicilan pinjaman setiap bulannya.

Jangan coba-coba untuk mengambil pinjaman dengan cicilan yang elebihi batas kemampuanmu, karena ini justru bisa membuatmu stres setiap kali menjelang tanggal jatuh tempo pembayaran. Dampaknya, konsentrasimu dalam menjalankan usaha bisa terganggu dan justru akan semakin mempersulit usahamu.

  • Jangan mudah tergoda dengan tawaran nilai lebih

Ketika kamu mengajukan pinjaman, biasanya akan ada sesuatu yang kamu jadikan sebagai jaminan pinjaman. Ketika nilai pinjaman yang diajukan masih di bawah nilai maksimal dari jaminan, terkadang kamu akan ditawarkan untuk mengambil pinjaman dengan nilai yang lebih tinggi. Waspada dan jangan mudah tergiur dengan tawaran ini, karena akan bisa mempersulitmu dimasa mendatang.

Semakin tinggi nilai pinjaman, akan semakin tinggi pula nilai cicilan yang harusdibayarkan. Jadi, sebaiknya tetaplah berpegang pada nilai pinjaman yang kamu butuhkan.

  • Kuatkan hati dalam mengelola pinjaman

Hore… pinjaman di acc, dan uang akan segera masuk ke rekening. Eits… jangan senang dulu. Tetap terus ingatkan diri sendiri bahwa uang tersebut adalah modal usaha, artinya kamu tidak boleh tergoda untuk menggunakannya selain dari keperluan usaha. Jangan coba-coba berpikir menggunakannya untuk keperluan pribadi meskipun hanya¬† sedikit, karena pemikiran ini yang bisa membuatmu tanpa sadar menghabiskan pinjaman untuk keperluan pribadi.

Mengajukan pinjaman modal usaha kecil adalah cara tepat untuk mendapatkan modal, namun jangan sampai pinjaman ini justru malah menghancurkan usahamu ya. Karena itu, jangan abaikan 3 hal penting sebelum ajukan pinjaman modal yah. (Vita)

mediaUncategorizedcari modal,modal usaha,pinjaman modal,usaha kecilSalah satu masalah yang sering dihadapi oleh para pengusaha terkait usahanya yaitu, masalah kurangnya modal usaha yang mereka miliki. Apalagi ketika usaha masih dalam tahap berkembang, masalah modal ini seolah menjadi satu hal yang hampir dirasakan oleh para pengusaha. Untuk mengatasinya, banyak dari mereka yang memutuskan untuk mengajukan pinjaman...Media kumpulan artikel informasi dan tips