Bak cuci piring seringkali menimbulkan masalah di rumah jika tidak dirawat dengan baik. Salah satu masalah yang paling sering muncul adalah saluran pipa yang tersumbat atau bahkan munculnya bau tak sedap yang bisa memengaruhi suasana di dalam rumah. Nah, untuk mengatasi masalah ini, maka Anda harus melakukan beberapa hal. Selain mencari cara agar saluran cuci piring tidak tersumbat, Anda juga harus tahu bagaimana caranya untuk menjaga bak cuci piring dari bau tidak sedap. Simak triknya!

  1. Jangan biarkan peralatan makan menumpuk tanpa dicuci. Bau tidak sedap yang muncul di bak cuci piring bisa
    wastafel
    wastafel

    terjadi karena kondisi yang bak yang kotor dan juga lembap. Bekas sisa makanan yang didiamkan semalaman akan menjadi sarang bakteri dan kuman, sehingga tidak heran jika baunya bisa melebar tanpa disadari.

  2. Bersihkan dengan sabun. Selesai mencuci piring, jangan biarkan bak cuci begitu saja tanpa dibersihkan. Pasalnya, bekas sisa makanan dan sisa busa sabun akan menempel ke dinding bak cuci. Oleh sebab itu, bersihkan dengan sabun secara merata lalu tambahkan desinfektan agar bakteri penyebab bau tidak menempel lagi.
  3. Pasang saringan pada saluran air. Seringkali banyak orang yang melupakan bagian ini. Saringan berfungsi untuk menampung kotoran sebelum mengalir di saluran air. Kotoran bekas sisa makanan, busa sabun, dan juga minyak atau lemak akan melekat di saringan ini dan mengurangi pembusukan kotoran di pipa. Namun demikian, jangan lupa bersihkan saringannya secara berkala, ya.
  4. Rajin memeriksa pipa bagian bawah. Tahu pipa yang terkoneksi langsung dengan bak cuci piring? Biasanya pipa ini berbentuk leher angsa dan agak meliuk. Nah, biasanya sumber bau juga bisa berasal dari sini. Terdapat kotoran yang menyumbat bagian pipa sehingga air tak bisa disalurkan atau adanya kebocoran akibat proses pemotongan pipa dilakukan oleh orang yang belum profesional sehingga terlalu fokus pada keamanan saat memotong pipa. Akibatnya membuat air menetes keluar dan tergenang. Tetesan air ini merupakan air bekas cucian yang bercampur dengan kotoran sehingga akan mengeluarkan bau. Jika sudah terjadi seperti ini, sebaiknya langsung perbaiki, ya.

Itu dia beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi bau tidak sedap pada bak cuci piring. Semoga membantu 😀

mediaLAINNNYAbak cuci piring,merawat wastafel,wastafelBak cuci piring seringkali menimbulkan masalah di rumah jika tidak dirawat dengan baik. Salah satu masalah yang paling sering muncul adalah saluran pipa yang tersumbat atau bahkan munculnya bau tak sedap yang bisa memengaruhi suasana di dalam rumah. Nah, untuk mengatasi masalah ini, maka Anda harus melakukan beberapa hal....Media kumpulan artikel informasi dan tips