Pastinya saat ini bukan rahasia lagi jika internet banyak dimanfaatkan sebagi sarana efektif dalam memasarkan berbagai produk. Mulai dari aneka gadged, obat herbal, pakaian hingga aneka jenis makanan.

Nah, khusus buat Anda yang berniat menjalankan usaha online, dalam bidang kuliner, salah satu peluang yang cukup menjanjikan adalah berjualan aneka makanan murah online.

Namun dibalik banyaknya kisah sukses para pelaku usaha dibidang tersebut, tentu saja berjualan makanan murah tak serta merta bisa dijalankan dengan sesukanya tanpa strategi. Tetap saja dibutuhkan trik atau strategi agar

usaha online
usaha online

makanan murah online, bisa sukses.

1. Tentukan Makanan Murah Apa yang Akan Anda Jual

Oke, tips yang pertama adalah Anda harus menentukan makanan murah apa yang akan Anda jual, apakah itu cemilan ringan atau makanan basah. Jika sudah, selanjutnya pikirkan apakah Anda hendak menjadi reseller dari produsen lain ataukah memproduksinya sendiri.

Nah, selain menentukan jenis makanan, idealnya Anda juga memikirkan merk yang hendak disematkan pada makanan yang Anda jual. Ini dilakukan sebagai ciri khas dari produk Anda. Ciptakanlah sebuah merk yang unik, mudah diingat dan tidak terlalu panjang. Dan jika mungkin, buatlah logo sendiri untuk usaha Anda ini.

2. Sulap Akun Media Sosial Anda menjadi Toko Online

Cara termudah untuk memasarkan makanan yang Anda jual adalah dengan menggunakan akun media sosial karena mayoritas orang-orang akan mengecek media sosial mereka setiap hari. Tetapi sebaiknya Anda memisahkan akun untuk berjualan dengan akun pribadi supaya Anda mudah untuk mengaturnya.

Tampilkan foto-foto yang menarik untuk mempermudah konsumen ‘berkenalan’ dengan makanan yang Anda jual. Jangan lupa berikan deskripsi singkat tentang makanan Anda yang sekiranya bisa membangkitkan keinginan konsumen untuk menikmati makanan yang Anda jual.

3. Berikan Pelayanan yang Baik pada Konsumen

Tips berbisnis makanan murah online yang selanjutnya adalah berikan pelayanan yang baik serta memuaskan konsumen. Bersikaplah tanggap saat ada konsumen yang hendak bertanya dan membeli dan jangan sampai mengeluarkan kata kasar jika ternyata mereka tidak jadi membeli makanan Anda.

Jangan lupa untuk selalu mengucapkan terima kasih pada pelanggan yang telah membeli makanan Anda dan bersikaplah terbuka terhadap kritik dan saran yang mereka berikan.

4. Jaminlah Pengiriman Barang

Jika makanan yang Anda jual adalah makanan basah yang seharusnya segera disantap, sebaiknya Anda beri keterangan bahwa Anda hanya melayani pesanan untuk daerah tertentu saja. Tetapi jika makanan yang Anda jual adalah makanan kering yang tahan lama, Anda bisa mencantumkan keterangan bahwa Anda bisa melayani dimanapun konsumen berada.

Jangan lupa untuk memberikan jaminan pengiriman barang pesanan agar bisa sampai ke tangan konsumen dalam keadaan yang baik. Jika semisal terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada saat pengiriman, seperti kecelakaan atau hal lainnya yang mengakibatkan makanan menjadi tidak layak lagi, Anda harus selalu siap untuk menggantinya dan jangan berikan biaya tambahan pada konsumen.

5. Jagalah Kepercayaan Konsumen Anda

Sekalipun konsumen Anda tidak bisa mencicipi makanan di hadapan Anda langsung, Anda tetap wajib mengutamakan kualitas rasa makanan yang Anda jual supaya konsumen tidak kecewa karena mendapatkan makanan yang berbeda dengan deskripsi yang Anda cantumkan saat promosi.

Nah, itulah beberapa tips berbisnis makanan murah online yang bisa Anda terapkan. Jangan lupa untuk tetap fokus dengan bisnis yang hendak Anda jalani ini dan teruslah berusaha untuk mencari inovasi baru baik dari segi resep maupun strategi penjualan. Selamat mencoba.

 

mediaBISNISEkonomibisnis online,inspirasi usaha,memulai bisnis,usaha onlinePastinya saat ini bukan rahasia lagi jika internet banyak dimanfaatkan sebagi sarana efektif dalam memasarkan berbagai produk. Mulai dari aneka gadged, obat herbal, pakaian hingga aneka jenis makanan. Nah, khusus buat Anda yang berniat menjalankan usaha online, dalam bidang kuliner, salah satu peluang yang cukup menjanjikan adalah berjualan aneka makanan...Media kumpulan artikel informasi dan tips