Kalian pasti sudah tidak asing dengan lemari es, atau yang sering di sebut dengan kulkas. Benda ini berfungsi untuk mendinginkan makanan dan minuman, sehingga makanan dan minuman tersebut akan terjaga kesegarannya. Selain itu, dengan disimpan di dalam kulkas, pertumbuhan jamur dan bakteri akan diperlambat, jadi makanan akan lebih awet dibandingkan jika di taruh di luar.

Pada dasarnya, pemakaian kulkas akan bisa bertahan lama, jika kita menggunakannya dengan cara yang tepat. Memakai kulkas dengan cara yang salah akan membuat fungsi kulkas tidak dapat bekerja maksimal untuk mengawetkan makanan, dan mungkin bisa merusak kulkas sampai tidak bisa digunakan lagi. Berikut ini beberapa tips merawat kulkas agar lebih tahan lama:

  • Atur suhu kulkas

Atur suhu kulkas sesuai dengan kebutuhan. Sebaiknya jangan mengatur terlalu rendah karena akan membuat listrik lebih boros. Kalian bisa

merawat kulkas
merawat kulkas

mengatur suhu sampai maksimal jika ingin membuat es, dan kembalikan ke suhu normal setelah es jadi.

  • Simpan makanan di tempat yang tepat

Kulkas memiliki bagiannya masing-masing sesuai kebutuhan, karna itu kalian harus memasukkan masakkan di tempat yang tepat. Misalkan daging, kalian harus menyimpannya di freezer.

  • Sebaiknya gunakan bahan alami untuk menghilangkan bau

Kadang kulkas menjadi bau karna kita menyimpan berbagai makanan dalam waktu lama. Untuk menghilangkan baunya, akan lebih aman jika menggunakan bahan-bahan alami, misalnya nanas, kulit jeruk, atau buah lain yang dapat menyerap bau. Tapi jangan diamkan terlalu lama, karena jika busuk malah akan membuat bakteri berkembang di kulkas.

  • Jangan mengisi kulkas terlalu penuh

Kulkas yang terlalu penuh membuat suhu dalam kulkas menjadi rendah dan akhirnya tidak dapat mendinginkan dan mengawetkan makanan secara maksimal.

  • Jangan memasukkan makanan atau minuman panas

Makanan dan minuman panas yang masuk ke dalam kulkas akan meningkatkan kerja mesin pendingin yang berakibat pada listrik yang boros.

  • Buka kulkas seperlunya

Semakin sering kulkas dibukan, kerja mesin pendinginnya akan semakin berat karena itu sebaiknya buka kulkas hanya saat di perlukan.

  • Bersihkan secara teratur

Menjaga kebersihan kulkas juga merupakan hal yang harus di perhatikan. Baik kebersihan dalam kulkas maupun kondensor yang berada di belakang kulkas. Untuk membersihkan bagian dalam kulkas, bisa dengan mengosongkan semua isi kulkas dan membersihkannya dengan air hangat. Pastikan untuk mematikan listriknya terlebih dahulu sebelum membersihkan.

  • Atur posisi kulkas

Beri jarak sekitar 30 cm antara kulkas dengan dinding. Tujuannya agar tidak ada jamur yang tumbuh di bagian belakang kulkas.

Semoga bermanfaat.

http://www.mediaartikel.com/wp-content/uploads/2014/06/kulkas.jpghttp://www.mediaartikel.com/wp-content/uploads/2014/06/kulkas-150x150.jpgmediaPROPERTITIPSkumpulan artikel,kumpulan tips,merawat kulkas,merawat lemari es,rawat lemari esKalian pasti sudah tidak asing dengan lemari es, atau yang sering di sebut dengan kulkas. Benda ini berfungsi untuk mendinginkan makanan dan minuman, sehingga makanan dan minuman tersebut akan terjaga kesegarannya. Selain itu, dengan disimpan di dalam kulkas, pertumbuhan jamur dan bakteri akan diperlambat, jadi makanan akan lebih awet...Media kumpulan artikel informasi dan tips