Merawat kondisi mobil agar selalu prima tidak hanya membuat Anda menghemat biaya perbaikan akan kerusakan yang mungkin terjadi, namun juga menambah kenyamanan Anda dalam berkendara. Cara untuk menjaga kondisi mobil tidak hanya sebatas pada merawat mesin mobil agar awet namun juga perawatan pada interior mobil. Nah, berikut ini beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk merawat mobil dengan baik terutama bagian interior:

Dashboard mobil

Bagian dashboard mobil merupakan bagian interior yang paling sering terpapar sinar matahari dan debu, terutama bila Anda sering

perawatan mobil

berkendara dengan jendela terbuka. Tidak heran bagain ini pula yang paling sering kotor. Gunakanlah kemoceng untuk untuk membersihkan debu yang berada di permukaan dashboard. Sementara untuk bagian yang sulit terjangkau kemoceng, seperti lubang AC atau pojokan dashboard, Anda bisa menggunakan kuas kecil. Setelah debu bersih, lanjutkan dengan menggosok bagian dashboard menggunakan kain lap yang sudah dibasahi dengan air hangat atau cairan pembersih khusus. Jangan lupa untuk mengeringkan dashboard dengan lap bersih setelahnya. Untuk perlindungan yang sempurna, Anda bisa juga mengoleskan cairan anti UV pada permukaan dashboard.

Jok Mobil

Pastinya Anda tidak akan nyaman kan bila harus duduk di kursi mobil yang lembab dan bau? Untuk menghindarinya, bersihkanlah jok secara berkala dengan menggunakan lap kering, penyedot debu, dan cairan khusus untuk membersihkan jok mobil. Jangan lupa untuk mengeringkan jok mobil dengan menggunakan lap kering setelahnya, sehingga tidak lembab dan bau.

Karpet mobil

Bagian karpet mobil merupakan bagian yang paling mudah kotor. Untuk memudahkan membersihkannya, sebaiknya pilihlah karpet yang terbuat dari bahan karet sintetis yang mudah dibersihkan. Pada karpet karet sintetis, Anda cukup mencucinya dengan sabun dan air, kemudian menjemurnya untuk menghilangkan kotoran di atasnya. Ini tentu berbeda dengan karpet dari bahan lain yang perlu usaha ekstra keras untuk menghilangkan noda dan kotoran di atasnya.

Plafon mobil

Bagian ini biasanya memang paling sering terlupakan, karena kadang Anda tidak sadar akan kotoran di bagian plafon mobil. Padahal, plafon mobil mudah berdebu dan kotor juga. Untuk membersihkannya pun cukup mudah menggosoknnya dengan kain yang lembab dan kerungkan dengan lap kering sesudahnya. Hindari menggosoknya dengan menggunakan kain yang terlalu basah karena akan membuat lapisan plafon menjadi lembab dan berjamur. Selain itu, hindari juga membersihkan plafon dengan menggunakan penyedot debu karena justru akan membuat kontur pelapis plafon menjadi bergelombang.

Pasang Pengharum mobil

Setelah semua interior bersih, jangan lupa pasang pengharum di mobil Anda. Ini bisa membantu menghilangkan bau tidak sedap yang tertinggal di mobil, sekaligus membuat Anda lebih nyaman saat berkendara. Pilihlah pewangi yang sesuai dengan kepribadian, dan hindari parfum mobil dengan wangi yang menyengat yang akan merusak konsentrasi Anda.

Semoga tips merawat interior mobil tadi bisa bermanfaat bagi Anda, ya. (raw)

mediaMOBILOTOMOTIFartikel otomotif,merawat mobil,perwatan mobilMerawat kondisi mobil agar selalu prima tidak hanya membuat Anda menghemat biaya perbaikan akan kerusakan yang mungkin terjadi, namun juga menambah kenyamanan Anda dalam berkendara. Cara untuk menjaga kondisi mobil tidak hanya sebatas pada merawat mesin mobil agar awet namun juga perawatan pada interior mobil. Nah, berikut ini beberapa...Media kumpulan artikel informasi dan tips