Agar dapat dikendarai dengan nyaman, mobil Anda membutuhkan ketersediaan bahan bakar minyak yang memadai. Habisnya bahan bakar tak hanya akan menyebabkan mobil tidak bisa dinyalakan, tetapi juga dapat menyebabkan risiko kecelakaan fatal jika secara tiba-tiba mobil mati di tengah jalan. Meski Anda memiliki asuransi kecelakaan diri yang akan menanggung biaya pengobatan saat terjadi kecelakaan, namun alangkah baiknya kondisi ini dihindari, kan?

Untuk itu, yuk mulai menghemat penggunaan bahan bakar minyak dengan melakukan beberapa hal

oli motor
oli motor

penting berikut ini:

  1. Mengisi ulang bahan bakar saat sudah setengah habis. Isi ulang bahan bakar mobil Anda ketika sudah setengah habis. dan jangan tunggu. Seperti yang kita ketahui, bahan bakar merupakan senyawa yang sangat mudah menguap sekaligus terbakar. Jika Anda memaksakan hingga indikator bensin menyentuh garis merah atau lampu warning menyala, maka dikhawatirkan mobil Anda akan mogok secara tiba-tiba. Di samping itu, pengisian secara teratur saat bensin setengah habis dapat mengurangi kandungan udara pada tangki bahan bakar.
  2. Pintar ketika mengatur gigi mobil. Tidak sama dengan mobil matic, mobil dengan transmisi manual memiliki gigi yang digunakan sebagai pengatur laju Pemindahan gigi secara pintar dapat menghemat penggunaan bahan bakar mobil Anda, sebaliknya pemindahan gigi secara sembarangan akan menyebabkan penggunaan bahan bakar menjadi boros. Oleh karena itu, gunakan gigi rendah ketika Anda melewati tanjakan. Penggunaan gigi tinggi di tanjakan akan mempercepat habisnya bahan bakar mobil.
  3. Jangan membawa terlalu banyak barang. Tahukah Anda bahwa pemborosan bahan bakar tidak hanya disebabkan karena kesalahan pengaturan gigi maupun masalah komponen mesin, akan tetapi juga akibat terlalu banyak membawa barang. Beban berat yang dihasilkan oleh barang yang dibawa akan membuat komponen mesin mobil bekerja ekstra keras dan menyebabkan bahan bakar cepat habis. Untuk itu, usahakan untuk tidak membawa banyak barang ketika bepergian.

Selain ketiga hal yang sudah dipaparkan tersebut, penghematan bahan bakar bisa juga dilakukan dengan cara

  • Mengoptimalkan tekanan udara pada ban mobil
  • Merawat filter udara secara berkala
  • Mengendalikan putaran mesin ketika berkendara
  • Mengisi bahan bakar ketika pagi hari untuk menghindari penguapan

Semoga bermanfaat, ya!

mediaMOBILOTOMOTIFartikel otomotif,hemat bensin'Agar dapat dikendarai dengan nyaman, mobil Anda membutuhkan ketersediaan bahan bakar minyak yang memadai. Habisnya bahan bakar tak hanya akan menyebabkan mobil tidak bisa dinyalakan, tetapi juga dapat menyebabkan risiko kecelakaan fatal jika secara tiba-tiba mobil mati di tengah jalan. Meski Anda memiliki asuransi kecelakaan diri yang akan menanggung...Media kumpulan artikel informasi dan tips