Setelah membeli rumah dengan mengajukan pinjaman uang ke bank, hal yang selanjutnya Anda lakukan adalah mempercantik rumah dan membuatnya menjadi senyaman mungkin. Salah satunya adalah dengan menata halaman depan rumah dengan menanam tanaman hias dan juga memilih pohon rindang untuk menyejukan halaman. Nah, jika memang itu rencana Anda, sebaiknya jangan terburu-buru menanam pohon besar di halaman rumah. Cek dulu

menanam pohon
menanam pohon

beberapa hal di bawah ini tips menanam pohon agar tidak akan merugikan Anda nantinya.

  1. Jangan berdekatan dengan teras. Hindari untuk menanam pohon yang berdekatan dengan teras depan rumah. Pasalnya, pohon perindang akan terus tumbuh dan dikhawatirkan akarnya akan merusak lantai teras rumah. Tidak hanya itu, ranting-rantingnya juga bisa mencapai bagian depan rumah seiring berjalannya waktu. Disarankan untuk menanam pohon agak jauh dari bagian teras atau menjauhi bangunan utama rumah.
  2. Pilih pohon yang tidak terlalu besar namun daunnya rimbun. Pohon perindang untuk ditanam di halaman rumah banyak jenisnya. Nah, pilihlah pohon yang batang kayunya tidak besar namun memiliki daun lebar, seperti kamboja, ceri hutan, cemara, ketapang, atau jambu air. Perhatikan pula kondisi tanah di rumah Anda dan pastikan pohon tersebut bisa tumbuh dengan baik.
  3. Cek luas halaman. Pastikan bahwa halaman rumah Anda memang memungkinkan untuk ditanami pohon perindang. Jangan memaksakan diri jika luas tanahnya tidak mencukupi sebab alih-alih terasa sejuk, yang ada justru sebaliknya; halaman malah akan terlihat sumpek. Jadi, pastikan luas halamannya memungkinkan untuk menanam pohon, ya.
  4. Akar pohon yang kuat. Untuk memastikan pohon perindang ini tidak membahayakan (dalam artian tidak cepat roboh saat terkena angin kencang atau saat hujan), maka carilah pohon yang rindang dan berakar kuat. Akar yang kuat mampu menjadi pondasi yang kokoh dan membuat pohon tetap berdiri meski hujan deras.

Dengan menerapkan beberapa hal di atas, semoga rumah Anda bisa terasa sejuk dan juga teduh dengan keberadaan pohon besar di halaman. Selamat mencoba dan semoga membantu!

mediaLAINNNYASetelah membeli rumah dengan mengajukan pinjaman uang ke bank, hal yang selanjutnya Anda lakukan adalah mempercantik rumah dan membuatnya menjadi senyaman mungkin. Salah satunya adalah dengan menata halaman depan rumah dengan menanam tanaman hias dan juga memilih pohon rindang untuk menyejukan halaman. Nah, jika memang itu rencana Anda, sebaiknya...Media kumpulan artikel informasi dan tips