Website, hosting,domain merupakan hal yang kadang membingungkan jika Anda berencana melakukan ekspansi digital melalui digital agency, namun jangan khawatir karena biasanya Anda bisa menanyakan hal-hal mengenai website kepada agency Anda.

Sebelumnya Anda dapat mencari terlabih dahulu masing-masing fungsinya, misalnya hosting. Hosting adalah tempat dimana Anda akan manaruh domain website Anda. Hosting Ini seperti office space di dunia nyata. Anda dapat membeli atau menyewa hosting. Semakin besar bisnis anda di digital, biasanya kebutuhan hosting semakin kompleks.

Jika Anda akan memilih hosting, beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih perusahaan hosting, antara lain:

  1. Lokasi server

Hosting beroperasi didalam sebuah server, idealnya semakin dekat lokasi server dengan pusat bisnis kita, maka akan semakin cepat aksesnya. Sebagai contoh, apabila bisnis anda lebih terpusat di Indonesia, maka lokasi server di Indonesia akan lebih baik.

Kekurangannya, untuk server di Indonesia, biasanya mengalami kesulitan bila website Anda di akses dari luar Indonesia. Alternatif lainnya, Anda dapat menggunakan server Singapore atau USA karena stabil.

  1. Kecepatan dan Spesifikasi Server

Sebelum memilih, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu spesifikasi server yang di gunakan hosting tersebut, karena kestabilan website anda di pertaruhkan dalam spesifikasi server yang di gunakan. Umumnya minimum Spesifikasi untuk server ialah Quad Core Processor dan RAM minimum 8GB (Tergantung jumlah client).  Jika penedia web hosting anda tidak mencamtukannya anda bisa menanyakan langsung kepada CSnya.

  1. Customer Service & System

Jika anda tidak memiliki orang IT sendiri, pastikan penyedia hosting memiliki costomer servise & system team dari penyedia hosting ini yang akan membantu anda dalam setiap masalah yang anda hadapi di server.

  1. Uptime Guarantee

Server adalah komputer yang mungkin memiliki masalah dalam pengoperasiannya. Perusahaan hosting diminta untuk memberikan kualitas koneksi yang baik. Oleh karena itu, biasanya mereka memberikan Uptime Guarantee. Ada yang 99%, 99.99%, hingga 100%. (Perbedaan 0.01% berarti sekitar 5 menit setiap bulannya).

  1. Komentar/review pelanggan

Sebelum membeli, Anda dapat membaca terlebih dahulu bagaimana review, keluhan yang diberikan oleh para pelanggan.

 

mediaLAINNYAWebsite, hosting,domain merupakan hal yang kadang membingungkan jika Anda berencana melakukan ekspansi digital melalui digital agency, namun jangan khawatir karena biasanya Anda bisa menanyakan hal-hal mengenai website kepada agency Anda. Sebelumnya Anda dapat mencari terlabih dahulu masing-masing fungsinya, misalnya hosting. Hosting adalah tempat dimana Anda akan manaruh domain website Anda....Media kumpulan artikel informasi dan tips