Saat ini, banyak orang yang lebih memilih untuk mengonsumsi snack yang terbuat dari oat ataupun gandum. Alasannya? Sebab semua camilan yang terbuat dari bahan tersebut mengklaim produknya adalah snack sehat. Apalagi, beberapa camilan ini seringkali menuliskan bebas kalori dan dapat menjadi camilan yang aman untuk kamu yang sedang diet sekalipun. Menarik sekali, bukan? Tidak heran jika snack ini sering dijadikan sebagai cemilan sehat untuk pekerja kantoran.

Sebenarnya, klaim tersebut tidak sepenuhnya salah. Sebab, baik oat maupun gandum memang mengandung serat

oat
oat

tinggi yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Namun, jika dibandingkan dengan gandum, oat memiliki manfaat yang lebih banyak. Sayangnya, banyak yang masih belum mengetahui tentang hal tersebut karena menganggap oat dan gandum adalah sama. Padahal, keduanya berbeda meskipun berasal dari familia yang sama, yaitu serelia.

Hal yang paling membedakan keduanya adalah, oat atau havermuth termasuk kategori biji-bijian sementara gandum termasuk kategori rumput. Namun, setelah melalui proses, oat akan berbentuk seperti pipihan berukuran kecil sementara gandung berbentuk biji. Menurut Dokter Spesialis Gizi Klinik Bunda Heart Center, Elia Indrianingsih dalam situs cnnindonesia, perbedaan lainnya yaitu oat bisa dikonsumsi secara langsung. Sementara gandum harus melalui proses untuk merubah bentuknya menjadi tepung sebelum dapat diolah lagi menjadi makanan jadi seperti roti atau kue.

Kedua bahan makanan ini sama-sama mengandung serat yang tinggi dan membuat efek kenyang lebih lama. Itulah sebabnya, camilan dari oat ataupun gandum sesuai untuk dikonsumsi kamu yang sedang diet. Sebab, rasa kenyang ini akan membuat porsi makanmu lebih terjaga saat mengonsumsi makanan utama. Selain itu, kolesterol yang terkandung di dalamnya juga rendah sehingga aman untuk kesehatan jantungmu.

Namun, seperti yang dijelaskan sebelumnya, oat lebih menyehatkan dibandingkan gandum. Seperti yang diungkapkan oleh Dokter Elia, kandungan gizi pada oat lebih tinggi, yaitu 5,1 gram serat larut dan 16 gram protein dalam setiap 100 gram. Sementara gandum hanya mengandung 2,2 gram serat larut dan 13,7 gram protein dalam setiap 100 gram. Meskipun begitu, jika dibandingkan dengan beras yang menjadi makanan pokok keseharian, kandungan gandum masih jauh lebih tinggi. Sebab beras hanya mengandung 0,1 gram serat larut dan 6,6 gram protein. (Vita)

mediaLAINNYAgandum,makanan sehat,oatSaat ini, banyak orang yang lebih memilih untuk mengonsumsi snack yang terbuat dari oat ataupun gandum. Alasannya? Sebab semua camilan yang terbuat dari bahan tersebut mengklaim produknya adalah snack sehat. Apalagi, beberapa camilan ini seringkali menuliskan bebas kalori dan dapat menjadi camilan yang aman untuk kamu yang sedang diet...Media kumpulan artikel informasi dan tips