Salah satu Penyakit Pernafasan yang umum terjadi yaitu asma. Untuk pengobatan penyakit ini, orang biasanya akan menggunakan berbagai obat-obatan, namun sebenarnya ada cara yang mudah dan sederhana untuk mengobati penyakit ini, yaitu dengan melakukan olah raga renang. Berenang adalah salah satu jenis olah raga yang sangat baik bagi pasien asma, terutama pasien asma yang masih berusia muda. Olah raga ini merupakan olah raga yang sering direkomendasikan oleh dokter umum maupun spesialis paru-paru sebagai terapi pengobatan penyakit asma. Berikut ini adalah beberapa penjelasan mengapa berenang bermanfaat untuk mengobati asma:

  • Saat berenang untuk dapat melawan ‘massa’ air maka tubuh secara otomatis akan menggerakkan seluruh tubuh, sehingga dapat melenturkan seluruh otot dalam tubuh
  • Sistem kardiovaskular serta pernafasan akan menjadi semakin kuat dengan berenang secara teratur.Sehingga dapat melatih pernafasan menjadi lebih kuat, sehat, lancar serta panjang.
  • Kelembaban udara yang terdapat diatas air cukup tinggi, yaitu mencapai 94% sehingga dapat mencegah penguapan dari paru-paru.
  • Gerakan berenang dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan memperbaiki saluran pernafasan. Gerakan air yang menekan syaraf-syaraf tubuh dan bagian saluran pernafasan dapat mencegah terjadinya penyumbatan.
  • Gerakan mendorong air dengan tangan dan kaki dapat meningkatkan aliran darah yang mengalir ke jantung, pembuluh darah, serta paru-paru, sehingga tidak hanya menguatkan paru-paru, tetapi juga jantung.
  • Sebagian besar penderita asma dipicu oleh daya tahan tubuh yang lemah serta udara kotor yang kering, saat berenang uap air membuat udara yang terhirup menjadi udara yang baik dan lembab.
  • Pada posisi horizontal saat berenang dapat membantu mengeluarkan lendir yang terdapat dalam paru-paru.

Olahraga ini memang sangat bermanfaat bagi pasien asma, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pasien asma agar terapi yang dilakukan bermanfaat dan bukan justru memperparah kondisinya.

  • Jangan terlalu memaksakan diri. Bagi yang baru memulai terpi ini mulailah dengan perlahan, dan segera istirahat ketika mulai merasa lelah.
  • Banyak kolam renang yang mengandung klorin dalam airnya. Kandungan klorin ini dapat memperburuk kondisi pasien asma. Sebaiknya cari tempat berenang yang menggunakan air alami sebagai sumbernya.
mediaLAINNYASalah satu Penyakit Pernafasan yang umum terjadi yaitu asma. Untuk pengobatan penyakit ini, orang biasanya akan menggunakan berbagai obat-obatan, namun sebenarnya ada cara yang mudah dan sederhana untuk mengobati penyakit ini, yaitu dengan melakukan olah raga renang. Berenang adalah salah satu jenis olah raga yang sangat baik bagi pasien...Media kumpulan artikel informasi dan tips