Apakah Anda termasuk ke dalam golongan orang yang memiliki telapak tangan mudah berkeringat? Tidak hanya berkeringat, tetapi juga mudah dingin tanpa sebab. Padahal cuaca di sekitar Anda tidak dingin dan temperatur pun menunjukan angka yang normal serta cenderung panas. Mengapa telapak Anda terasa dingin? Well, selama ini, telapak tangan yang dingin dan mudah berkeringat identik dengan penyakit jantung. Kabarnya, dokter spesialis jantung pun sudah mengatakan bahwa telapak tangan dingin merupakan gejala dari kelainan pada jantung.

Sebetulnya, telapak tangan yang mudah dingin dan berkeringat tidak hanya identik dengan kelainan pada jantung saja, lho. Ada beberapa penyakit lain yang gejalanya dimulai dari kondisi telapak tangan Anda. Apa saja, ya?

  1. Kondisi anemia terjadi pada tubuh ketika Anda tidak memiliki sel darah merah atau hemoglobin yang cukup pada darah. Keadaan ini kemudian membuat suplai oksigen yang harusnya didistribusikan ke seluruh tubuh menjadi berkurang produksinya. Hal inilah yang membuat telapak tangan Anda menjadi dingin karena kekurangan oksigen dalam darah. Anemia biasa terjadi karena kekurangan zat besi, kurang darah karena menstruasi, atau karena gangguan pencernaan.
  2. Sindrom ini mungkin belum terlalu dikenal oleh masyarakat Indonesia. Namun ternyata, sindrom raynaud ini bisa menyebabkan ujung-ujung tubuh seperti ujung jari, hidung, telinga, dan juga telapak tangan menjadi dingin dan kebas. Kondisi ini biasanya terjadi ketika penderitanya merasa stres atau emosional.
  3. Gangguan kelenjar tiroid. Penyakit ini terjadi ketika tiroid Anda tidak aktif dan membuat fungsi tubuh menjadi melambat. Gejalanya sendiri bisa berupa kelelahan, sembelit, atau bahkan tangan yang terasa dingin. Segera hubungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut jika Anda merasa tubuh mulai tidak nyaman.
  4. Tekanan darah rendah. Saat tekanan darah yang ada di dalam tubuh menurun, maka secara otomatis pembuluh darah akan melindungi organ vital. Kondisi inilah yang membuat penderitanya merasakan dingin pada telapak tangan dan pandangan yang terasa kabur.

Empat penyakit di atas merupakan penyakit lain dengan gejala telapak tangan dingin selain jantung.

mediaLAINNYAApakah Anda termasuk ke dalam golongan orang yang memiliki telapak tangan mudah berkeringat? Tidak hanya berkeringat, tetapi juga mudah dingin tanpa sebab. Padahal cuaca di sekitar Anda tidak dingin dan temperatur pun menunjukan angka yang normal serta cenderung panas. Mengapa telapak Anda terasa dingin? Well, selama ini, telapak tangan...Media kumpulan artikel informasi dan tips