Bagi Anda yang memiliki mobil, pasti sudah tahu dong aturan ganti oli mesin pada mobil setiap beberapa saat sekali. Ukuran penggantian oli mobil ini, biasanya didasarkan pada jumlah kilometer yang sudah ditempuh oleh mobil. Ada beberapa jenis oli yang harus diganti setiap penggunaan mencapai 5 kilometer, namun ada juga yang mencapai 10 kilometer.

Lalu, bagaimana dengan mobil yang cukup jarang digunakan? Apakah itu artinya tidak perlu sering diganti? Tentu saja tidak begitu. Pada mobil yang cenderung pasif, penggantian oli ini didasarkan pada jangka waktu penggantian sebelumnya. Bisa 2 bulan, ataupun lebih, bergantung pada jenis oli yang digunakan dan juga aturan dari pabrikan sendiri. Nah, untuk Anda yang menggunakan mobil secara aktif, mungkin akan secara rajin mengganti oli mobil saat dibutuhkan. Namun, bagi yang jarang menggunakan mobil, terkadang tidak menyadari bahwa mobilnya sudah

mengganti oli mesin
                            mengganti oli mesin

memasuki waktu untuk penggantian oli.

Nah, untuk Anda yang termasuk dalam kategori ini, mungkin bisa lebih memperhatikan hal berikut ini saat sedang mengendarai mobil, sebagai tanda mobil membutuhkan penggantian oli.

  • Suara mesin kasar

Saat Anda menyalakan mesin mobil, perhatikan baik-baik bagaimana suaranya. Meskipun mobil Anda jarang digunakan, tentunya Anda tetap harus menyalakan mesinnya dengan teratur untuk memanaskannya kan? Nah, jika saat Anda nyalakan mesin mobil suara mesin terdengar lebih kasar daripada biasanya, bisa jadi kondisi oli mobil sudah tidak bagus dan harus diganti.

  • Mesin mudah panas

Mesin mobil Anda cepat sekali panas, padahal Anda belum lama menggunakannya. Biasanya, ketika berhubungan dengan suhu seperti ini, orang akan lebih terfokus pada kondisi air radiator dan komponen lain yang umumnya berfungsi untuk mendinginkan mesin mobil. Padahal, sebenarnya oli yang tidak diganti padahal sudah melewati waktunya juga bisa menyebabkan masalah ini loh. Dan tentunya, hal ini akan sangat berbahaya jika dibiarkan begitu saja.

  • Tarikan mobil terasa lambat

Ini adalah tanda yang umum dirasakan oleh para pengendara mobil, yaitu tarikan mobil yang terasa lambat. Jika sudah begini, tentunya akan sangat mengganggu kegiatan menyetir Anda kan? Apalagi, ketika Anda ingin mendahului kendaraan lain. Selain itu, hal ini juga dapat merusak mesin jika dibiarkan terlalu lama.

Untuk menggantinya tidak sulit, jika Anda malas mengantri di bengkel, Anda bisa melakukan penggantian oli mobil di rumah. Jadi, jangan lupa untuk mengganti oli mesin mobil Anda jika beberapa tanda di atas sudah Anda rasakan yah. (Vita)

mediaUncategorizedmerawat kendaraan,tips kendaraan,tips mesin mobilBagi Anda yang memiliki mobil, pasti sudah tahu dong aturan ganti oli mesin pada mobil setiap beberapa saat sekali. Ukuran penggantian oli mobil ini, biasanya didasarkan pada jumlah kilometer yang sudah ditempuh oleh mobil. Ada beberapa jenis oli yang harus diganti setiap penggunaan mencapai 5 kilometer, namun ada juga...Media kumpulan artikel informasi dan tips