Selain menyiapkan asuransi perjalanan bisnis, Anda pun tetap harus menyiapkan aplikasi permohonan visa. Untuk negara yang sudah menggunakan visa elektronik, mungkin hal ini tidak akan merepotkan. Akan tetapi, untuk negara yang masih belum menerapkan sistem tersebut, maka Anda perlu mengurusnya. Tidak hanya untuk perjalanan bisnis saja, untuk liburan pun Anda perlu mengurusnya dari jauh-jauh hari agar bisa memasuki negara tersebut.

Nah, saat pengajuan visa, biasanya Anda akan diminta untuk menyertakan beberapa surat referensi atau sponsor.

visa

Ini dia beberapa surat yang dibutuhkan beserta penjelasannya:

  1. Surat referensi dari bank. Saat mengajukan aplikasi permohonan visa, Anda pasti akan diminta untuk menyertakan rekening koran selama tiga bulan terakhir dan juga surat referensi dari bank. Anda bisa mendapatkan surat ini dengan mengajukan permohonan ke bank tempat Anda menabung. Di dalam surat referensi ini biasanya berisi pernyataan bahwa Anda adalah benar merupakan nasabah dari bank yang bersangkutan, aktif bertransaksi, dan memiliki aliran dana yang sehat. Tidak hanya itu, pihak bank juga biasanya akan menyertakan nama lengkap Anda, nomor rekening, serta jumlah saldo yang tersedia di rekening Anda di saat itu.
  2. Surat referensi dari tempat kerja. Bagi Anda yang sudah bekerja, Anda juga diwajibkan untuk melampirkan surat referensi dari tempat kerja Anda. Surat ini biasanya berisi pernyataan bahwa Anda memang benar merupakan karyawan di perusahaan tersebut, sudah meminta izin untuk bepergian ke negara yang dituju, dan akan kembali lagi untuk bekerja setelah liburan selesai. Untuk detailnya, biasanya berisi nama, jabatan, periode traveling, dan keterangan bahwa Anda membiayai perjalanan ini sendiri (kecuali untuk urusan bisnis). Anda bisa mengajukan permohonan surat referensi ini ke HRD tempat Anda bekerja.
  3. Surat sponsor dari pasangan atau keluarga. Surat ini biasa disertakan jika perjalanan Anda ditanggung oleh orang tua atau anggota keluarga, tidak bisa bepergian sendirian (seperti lansia, anak di bawah umur 17 tahun, atau istri yang pergi tanpa didampingi suami), atau ketika Anda mendapatkan undangan dari kerabat yang tinggal di luar negeri. Surat ini biasanya berisi tentang hubungan Anda dengan penanggung, tujuan traveling Anda, dan pernyataan dari penanggung bahwa mereka akan menanggung perjalanan Anda dan memastikan Anda kembali ke Indonesia setelah perjalanan selesai. Anda juga harus menyertakan rekening koran, surat referensi bank milik penanggung, dan surat keterangan kerja dari penanggung jika mereka menanggung biaya perjalanan Anda.

Nah, itu dia surat yang dibutuhkan ketika hendak membuat aplikasi permohonan visa. Baiknya siapkan dari jauh-jauh hari agar Anda tidak panik karena waktunya sudah dekat dengan keberangkatan Anda, ya. Semoga membantu!

mediaTIPS WISATATRAVELpembuatan visa,pengurusan visaSelain menyiapkan asuransi perjalanan bisnis, Anda pun tetap harus menyiapkan aplikasi permohonan visa. Untuk negara yang sudah menggunakan visa elektronik, mungkin hal ini tidak akan merepotkan. Akan tetapi, untuk negara yang masih belum menerapkan sistem tersebut, maka Anda perlu mengurusnya. Tidak hanya untuk perjalanan bisnis saja, untuk liburan pun...Media kumpulan artikel informasi dan tips