Pernah nggak sih mengalami situasi ketika kamu harus presentasi di depan kelas, ternyata file-nya tidak terbawa atau karena flashdisk-mu nyelip entah ke mana? Sekarang, situasi seperti ini tidak akan terjadi lagi nih! Yuk, berkenalan dengan cloud storage atau tempat penyimpanan data secara daring! Ya, sekarang ini sudah bukan zamannya lagi menyimpan data di dalam flashdisk atau harddisk. Tren ini tidak hanya berkembang di luar negeri saja tetapi di Indonesia juga loh. Hal ini ditunjang dengan banyaknya perusahaan berbasis cloud Indonesia yang menawarkan beragam layanan penyimpanan data yang bisa digunakan sesuai kebutuhan.

Nah, buat kamu yang ingin mencicipi layanan penyimpanan data alias cloud storage secara gratis. Cloud gratis ini dapat kamu nikmatin dengan beberapa situs berikut ini:

  1. Google Drive. Buat kamu yang sering menggunakan situs Gmail dari Google untuk membuka email, pastinya familiar sekali dengan logo segitiga berwarna ini. Yup, Google Drive merupakan aplikasi penyimpanan data yang dimiliki oleh Google. Keunggulan google drive adalah menawarkan ruang penyimpanan yang cukup besar, yakni 15 GB. Selain itu, kamu pun tidak perlu repot untuk menggunakan sistem cloud dari Google ini karena bisa disinkronkan dengan Gmail dan G+. Psst, serunya lagi siapa pun yang memiliki akses bisa ikut mengedit atau menambahkan sesuatu di dalam Google Drive. Jadi kalau kamu sedang mengerjakan proyek bersama teman, kamu bisa langsung mengeksekusinya bersamaan secara real time selama kalian masih terkoneksi dengan internet. Eits, jangan lupa untuk memberi akses kepada teman kamu ya supaya bisa ikut melihat dan juga mengeditnya!
  2. Selain Google, perusahaan teknologi besar yang menyediakan layanan penyimpanan data secara gratis adalah Microsoft. Microsoft dengan layanan cloud storage-nya yang bernama OneDrive, menyediakan ruang sebesar 15 GB ketika pertama kali kamu mendaftar. Lumayan banget, kan? Serunya lagi, OneDrive bisa diakses di perangkat elektronik apa saja mulai dari ponsel hingga laptop, tanpa mempedulikan operating system-nya. Dan lagi, tidak hanya dokumen yang bisa disimpan di OneDrive. Foto, film, dan hal-hal lainnya bisa kamu simpan di sini. (Tr)
mediaINTERNETTEKNOcloud indonesia,google drive,penyimpanan onlinePernah nggak sih mengalami situasi ketika kamu harus presentasi di depan kelas, ternyata file-nya tidak terbawa atau karena flashdisk-mu nyelip entah ke mana? Sekarang, situasi seperti ini tidak akan terjadi lagi nih! Yuk, berkenalan dengan cloud storage atau tempat penyimpanan data secara daring! Ya, sekarang ini sudah bukan zamannya...Media kumpulan artikel informasi dan tips