Menggunakan oli berkualitas pada mobil akan percuma jika tidak diimbangi dengan kebiasaan berkendara yang baik. Perilaku mengemudi yang baik perlu diterapkan karena bisa membuat berkendara lebih ekonomis dan ramah lingkungan. Perilaku mengemudi ini juga biasa dikenal dengan sebutan eco driving. Dengan menerapkan eco driving, mobil bisa lebih hemat bahan bakar dan ramah lingkungan. Kondisi mobil pun akan lebih baik sehingga biaya perawatan kendaraan bisa lebih hemat.

Lalu, bagaimana cara menerapkan eco driving? Ternyata caranya tidak rumit. Coba ikuti beberapa prinsip dasar eco driving di bawah ini:

  • Hindari pengereman dan akselerasi terlalu sering. Pengereman dan akeselerasi pasti akan dibutuhkan selama berkendara, apalagi sedang melaju dalam kecepatan tinggi. Akan tetapi, hindarilah pengereman dan akselerasi yang tidak perlu karena akan membuat boros energi. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya antisipasi kondisi lalu lintas, jangan melaju terlalu cepat dan jaga jarak dengan kendaraan di depan.
  • Pertahankan kecepatan pada putaran ekonomis. Akeselerasi atau kecepatan tinggi hanya akan membuat kendaraan boros bahan bakar karena memakan energi yang cukup banyak. Karena itu, sebisa mungkin pertahankan kecepatan dan putaran ekonomis.
  • Pada mobil manual, pindahkan transmisi ke posisi yang lebih tinggi secepat mungkin. Kendaraan yang menggunakan bahan bakar bensin sebaiknya melakukan perpindahan transmisi sebelum 2500 Rpm sedangkan kendaraan dengan mesin diesel sebelum putaran 2000 Rpm.
  • Mengemudi dengan lembut. Yang dimaksud mengemudi dengan lembut di sini adalah ketika memperlambat dan ingin menghentikan kendaraan, lakukanlah dengan bertahan dan lembut sehingga bisa lebih menghemat energi dan bahan bakar.
  • Perhatikan muatan kendaraan. Selain itu, jangan membawa muatan atau beban lebih dari batas normal yang ditentukan. Muatan kendaraan yang berlebihan juga dapat berpengaruh pada penggunaan bahan bakar dan meningkatkan konsumsinya.
  • Lakukan servis secara teratur. Terakhir yang tak kalah penting adalah melakukan servis secara berkala. Hal ini dlakukan untuk membersihkan saringan udara dan membuat kendaraan lebih hemat bahan bakar. (Source: WWF Indonesia)

Itu dia beberapa prinsip eco driving yang perlu Anda terapkan. Selain baik untuk lingkungan, tentu eco driving juga akan membuat Anda lebih nyaman berkendara. Semoga bermanfaat!

mediaMOBILOTOMOTIFeco drivingMenggunakan oli berkualitas pada mobil akan percuma jika tidak diimbangi dengan kebiasaan berkendara yang baik. Perilaku mengemudi yang baik perlu diterapkan karena bisa membuat berkendara lebih ekonomis dan ramah lingkungan. Perilaku mengemudi ini juga biasa dikenal dengan sebutan eco driving. Dengan menerapkan eco driving, mobil bisa lebih hemat bahan...Media kumpulan artikel informasi dan tips