Pada masa kehamilan, mengonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil muda merupakan hal yang wajib. Tidak hanya itu saja, menghindari berbagai jenis makanan yang dipercaya dapat membahayakan kehamilan juga sangatlah penting demi kesehatan janin dan ibu. Mungkin hal tersebut mudah untuk dilakukan jika Anda memang tidak menyukai makanan yang dianggap berbahaya tersebut. Namun bagaimana jika makanan tersebut adalah salah satu makanan favorit Anda? Tentunya sangat sulit bukan?

Mungkin Anda berpikir bahwa makanan yang dianggap tidak baik tersebut adalah makanan yang telah diolah. Namun sebenarnya buah alamipun bisa menjadi makanan yang dipercaya dapat memberi efek buruk pada janin,

konsumsi nanas
konsumsi nanas

salah satunya yaitu nanas. Yap, buah ini selama ini memang dianggap sebagai salah satu buah yang dapat menyebabkan keguguran. Namun, benarkah seperti itu?

Menurut situs alodokter, nanas mengandung vitamin dan flavanoid yang memiliki efek ansiolitik dan bermanfaat untuk membantu Anda atasi kecemasan. Sebab banyak ibu hamil yang seringkali dilanda kecemasan khususnya pada kehamilan pertamanya. Dengan mengonsumsi nanas, kecemasan yang dirasakan oleh Anda akan dapat sedikit teratasi.

Buah ini juga mengandung enzim bromelain yang berdampak pada melunaknya leher rahim dan memicu munculnya kontraksi. Untuk masa-masa persalinan, enzim ini akan sangat membantu melancarkan proses persalinan. Sayangnya efek dari enzim tersebut pada buah ini baru dapat efektif jika Anda mengonsumsi sekitar 7 buah nanas, sementara konsumsi buah sebanyak itu akan berisiko membuat Anda mengalami diare. Selain itu, jika Anda mengonsumsi buah ini pada masa awal kehamilan dan mengalami efek sampingnya (kontraksi), tentulah akan berisiko buruk pada kehamilan Anda. Namun kebenaran mengenai dampak enzim bromelain pada nanas terhadap keguguran akibat kontraksi awal ini masih belum terbukti secara ilmiah.

Untuk itu, disarankan bagi ibu hamil untuk mengonsumsi buah-buahan lain yang bagus untuk kehamilan dalam menu makan harian. Akan tetapi, jika Anda benar-benar menyukai buah nanas dan merasa sulit untuk meninggalkan buah ini selama kehamilan, Anda sebaiknya melakukan konsultasi pada dokter kandungan sebelum mengonsumsinya. Pastikan bahwa kondisi kandungan sehat dan aman untuk mengonsumsi buah ini. Selain itu, hanyak konsumsi buah nanas yang masih segar dan telah dicuci dengan air matang. Dan yang penting, batasi konsumsinya sesuai dengan jumlah aman yang diizinkan oleh dokter kandungan Anda. (Vita)

mediaLAINNYAhamil muda,konsumsi nanas,manfaat nanas,masa kehamilan,pantangan masa kehamilanPada masa kehamilan, mengonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil muda merupakan hal yang wajib. Tidak hanya itu saja, menghindari berbagai jenis makanan yang dipercaya dapat membahayakan kehamilan juga sangatlah penting demi kesehatan janin dan ibu. Mungkin hal tersebut mudah untuk dilakukan jika Anda memang tidak menyukai makanan yang dianggap...Media kumpulan artikel informasi dan tips