Keju seringkali dijadikan sebagai salah satu bahan pelengkap untuk masakan. Tidak hanya itu, beberapa jenis keju untuk makanan pun kerap dijadikan sebagai teman untuk sarapan dan dikonsumsi bersama roti. Mudahnya mengolah keju menjadi berbagai kreasi makanan tentu menjadi alasan Anda untuk selalu menyimpan keju di kulkas rumah. Entah itu keju mozarella, keju cheddar, dan berbagai keju lainnya, semua lengkap ada.

Namun demikian, apa Anda tahu bagaimana cara memilih keju yang benar dan berkualitas? Jika belum tahu, begini

memilih keju
memilih keju

caranya:

  1. Tanggal kedaluwarsa. Ini dia yang paling penting: jika Anda hendak membeli keju dalam kemasan, paling pertama dan terutama, jangan lupa untuk mengecek tanggal kedaluwarsanya. Pastikan bahwa keju masih layak makan dan tanggal basinya masih lama.
  2. Cek tekstur keju. Anda pastinya sudah tahu bahwa setiap jenis keju memiliki tekstur yang berbeda. Namun secara general, keju yang baik memiliki permukaan yang terlihat ‘segar’, bersih, dan juga agak legit. Saat hendak membeli keju, cobalah untuk menekan permukaan kejunya: terasa wajar atau tidak? Lalu, bagaimana tampilan keseluruhannya? Jika terlihat normal dan wajar, silakan dibeli. Namun jika tidak, bisa jadi keju tersebut sudah tidak layak konsumsi atau bahkan kedaluwarsa.
  3. Warna keju. Keju memiliki warna kekuningan yang agak soft dan juga sedikit cerah. Jadi, kalau keju yang hendak dibeli sudah agak kelam warnanya atau bahkan menjadi kuning tua, sebaiknya hindarilah keju tersebut. Pastikan pula keju tidak berjamur dan tidak memiliki noda warna lain.
  4. Bau keju. Keju yang berkualitas memiliki aroma yang khas, seperti perpaduan antara susu dengan sesuatu yang gurih. Singkat kata, keju yang bagus memiliki aroma yang sedap. Jika keju berbau tidak enak, hindari untuk membelinya karena dikhawatirkan keju tersebut sudah busuk.
  5. Kandungan gizi. Jika keju berada dalam kemasan, tak ada salahnya untuk mengecek kandungan gizi yang biasanya menempel pada bagian belakang boksnya. Lihat apakah keju mengandung zat berbahaya atau tidak di bagian komposisinya dan cek apa saja kandungan gizi yang ada di dalamnya.

Itu dia berbagai cara yang bisa dilakukan untuk memilih keju yang berkualitas. Semoga bermanfaat, ya!

 

 

http://www.mediaartikel.com/wp-content/uploads/2018/08/images.jpghttp://www.mediaartikel.com/wp-content/uploads/2018/08/images-290x172.jpgmediaLAINNYAkeju berkualitas,memilih kejuKeju seringkali dijadikan sebagai salah satu bahan pelengkap untuk masakan. Tidak hanya itu, beberapa jenis keju untuk makanan pun kerap dijadikan sebagai teman untuk sarapan dan dikonsumsi bersama roti. Mudahnya mengolah keju menjadi berbagai kreasi makanan tentu menjadi alasan Anda untuk selalu menyimpan keju di kulkas rumah. Entah itu...Media kumpulan artikel informasi dan tips