Sekarang ini, banyak masyarakat yang sudah beralih dari material kayu ke material penggantinya seperti alumunium atau UPVC. Yap, biasanya dua jenis material ini digunakan sebagai pengganti kayu pada kusen jendela atau pintu. Harga alumunium dan harga UPVC yang cenderung lebih terjangkau dibanding harga kayu membuat dua material ini banyak digunakan oleh masyarakat. Namun demikian, jika Anda diminta untuk memilih salah satunya, mana sih yang lebih menguntungkan antara alumunium atau UPVC? Nah, coba kita bahas, yuk.

Pertama, kita mulai dari UPVC. Bagi Anda yang belum tahu, UPVC atau Unplasticized polyvinyl chloride merupakan pengembangan dari kusen PVC. Kusen PVC sendiri sejak dulu seringkali digunakan sebagai pengganti

jenis jendela
jenis jendela

kayu. Hanya saja, kekurangan kusen jenis ini adalah kurang kuat dan mudah patah. Untuk itu, dibuatlah UPVC, material turunan plastik yang sifat plastisnya dikurangi sehingga lebih keras dan kokoh untuk menjadi kusen. Sementara itu, untuk aluminum, Anda mungkin sudah tahu sifatnya yang ringan dan kuat menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk memilihnya.

Kita sudah tahu bahwa UPVC dan alumunium sama-sama kuat dan kokoh untuk digunakan. Kemudian, muncullah pertanyaan lain: mana yang lebih kuat antara UPVC dan juga alumunium? Jawabannya, tergantung dari pertimbangan Anda masing-masing. Baik UPVC dan alumunium sama-sama tahan terhadap segala cuaca, minim perawatan, dan juga antirayap. Keduanya juga tahan terhadap korosi sehingga bisa digunakan dalam waktu yang lama.

Hanya saja, salah satu kekurangan dari alumunium adalah sambungan sudutnya biasanya terbuat dari sekrup sehingga mudah lepas dan memuai. Untuk itu, alumunium agak riskan untuk digunakan sebagai kusen jika dibandingkan dengan UPVC. Pasalnya, UPVC lebih unggul jika dibandingkan karena dibuat di pabrik dengan menggunakan teknik pembakaran atau pemanasan sehingga lebih tahan bocor.

Namun demikian, bukan berarti alumunium sama sekali tidak unggul jika dibandingkan dengan UPVC. Alumunium memiliki banyak warna jika dibandingkan dengan UPVC. Warna alumunium sangat bervariasi dan tidak mudah pudar karena melewati proses coating terlebih dahulu sementara UPVC lebih mudah pudar. Dari segi harga, alumunium lebih murah jika dibandingkan dengan UPVC.

Baik UPVC atau alumunium, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. Akan tetapi jika Anda ingin mencari kusen untuk jendela dapur, pastikan Anda memililh bahan yang benar-benar kokoh ya. Agar sirkulasi udara di dapur tetap lancar, maka dibutuhkan jendela dengan ukuran yang lebih besar. Karena itu, kusen yang digunakan pun harus kokoh dan tahan lama.

Jadi gimana nih, sudah bisa menentukan mana yang mau dibeli antara UPVC atau alumunium?

mediaLAINNNYAbahan jendela,kusen,upvcSekarang ini, banyak masyarakat yang sudah beralih dari material kayu ke material penggantinya seperti alumunium atau UPVC. Yap, biasanya dua jenis material ini digunakan sebagai pengganti kayu pada kusen jendela atau pintu. Harga alumunium dan harga UPVC yang cenderung lebih terjangkau dibanding harga kayu membuat dua material ini banyak...Media kumpulan artikel informasi dan tips