Keracunan makanan bisa terjadi pada siapa saja, bahkan untuk ibu yang sedang hamil. Makanan yang dikonsumsi memang sudah sesuai dengan nutrisi ibu hamil yang dibutuhkan, namun tak menjamin makanan tersebut bersih dan bisa diterima oleh tubuh. Misalnya saat ibu mengonsumsi camilan penambah darah untuk ibu hamil yang ternyata telah terkontaminasi. Memang, keracunan makanan sendiri bisa timbul akibat mengonsumsi makanan yang terkontaminasi dengan organisme menular dan disebabkan oleh bakteri, virus, dan juga parasit. Saat tubuh keracunan makanan, maka reaksi yang kerap dirasakan di antaranya adalah sakit kepala, gangguan pencernaan, jantung berdetak cepat, berkeringat dingin, dan juga susah bernapas.

Lantas ketika kita mengalami keracunan atau harus menangani kerabat yang keracunan makanan di dekat kita,

keracunan makanan
keracunan makanan

langkah pertama apa yang harus dilakukan? Berikut daftarnya:

  1. Minum air putih. Ketika kita mengalami keracunan makanan, tubuh akan cenderung mengalami dehidrasi. Oleh sebab itu, segeralah menggantikan cairan yang hilang dengan meminum air putih ataupun air kelapa. Tubuh sudah kekurangan banyak elektrolit jadi menggantinya sesegera mungkin sangat disarankan. Kita pun tidak akan terlalu merasa lemas sehingga kondisi tubuh bisa cepat pulih. Jika keracunan makanan berdampak pada diare, hal ini juga bisa langsung diterapkan.
  2. Duduk di tempat yang nyaman. Bawalah orang yang keracunan untuk duduk di tempat yang nyaman, tidak sumpek, dan mudah bergerak. Jangan biarkan orang yang keracunan berada di tempat ramai yang membuatnya panik dan susah napas. Jika hendak memuntahkan makanan, usahakan agar penderita muntah dengan keadaan menunduk agar tidak mengganggu saluran pernapasan.
  3. Minta bantuan medis. Ketika penderita keracunan sudah menunjukkan tanda-tanda membahayakan, seperti susah napas atau tidak sadarkan diri, maka langsung hubungi rumah sakit untuk meminta bantuan medis. Pasalnya, dibutuhkan obat dan cairan infus untuk tindakan lebih lanjut.

Tindakan di atas harus dilakukan sesegera mungkin saat penderita keracunan. Pasalnya, keracunan makanan bisa berdampak negatif dan membahayakan serta bisa berujung pada kematian. Oleh sebab itu, tindakan pertama tersebut harus dilakukan sesaat setelah keracunan terjadi.

mediaINFO KESEHATANKESEHATANatasi keracunan makanan,keracunan makananKeracunan makanan bisa terjadi pada siapa saja, bahkan untuk ibu yang sedang hamil. Makanan yang dikonsumsi memang sudah sesuai dengan nutrisi ibu hamil yang dibutuhkan, namun tak menjamin makanan tersebut bersih dan bisa diterima oleh tubuh. Misalnya saat ibu mengonsumsi camilan penambah darah untuk ibu hamil yang ternyata telah...Media kumpulan artikel informasi dan tips