Mencari rumah di Jakarta kini bukan merupakan hal yang mudah. Terbatasnya ketersediaan lahan ditengah permintaan yang tinggi membuat harga rumah di Jakarta terbilang cukup tinggi. Untuk itu, beberapa orang lebih memilih available apartment in Jakarta dan menyewanya untuk tempat tinggal. Selain menyewa, biasanya banyak orang yang lebih memilih untuk membeli apartemen second dibandingkan membeli yang baru. Alasannya karena lebih praktis dan kemungkinan lebih murah. Akan tetapi, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli apartemen second, yakni sebagai berikut.

  • Perhatikan Pemilik Sebelumnya

Hal pertama yang perlu Anda lakukan saat memeriksa apartemen adalah mengamati pemilik sebelumnya. Eits,

apartment jakarta
apartment jakarta

yang dimaksud di sini adalah mengamati caranya untuk merawat apartemen. Jika pemiliki sebelumnya cenderung malas dan cuek terhadap kondisi apartemen, sebaiknya pikir kembali karena akan sangat merepotkan jika ternyata ada kebocoran pada atap apartemen atau saluran air yang mampet karena perawatan yang kurang baik.

  • Periksa Fasilitas

Pastikan juga fasilitas apartemen tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda. Fasilitas yang wajib dimiliki adalah listrik, air, telepon, perbelanjaan, taman, klinik, dan beberapa macam lainnya. Pastikan fasilitas tersebut terdapat dalam kondisi yang baik dan nyaman digunakan.

  • Prediksi Lokasi

Memilih apartemen tidak mesti yang berada di pusat kota kok. Jika menurut Anda apartemen yang terletak di tengah kota Jakarta terlalu mahal, Anda bisa memilih apartemen yang terletak di lokasi lainnya. Meskipun lokasinya tidak sestrategis di tengah Jakarta, Anda bisa memprediksi dalam beberapa waktu ke depan, apakah lokasi tersebut akan berkembang dengan pesat atau tidak. Nah, pilihlah lokasi yang kira-kira akan mengalami pertumbuhan yang signifikan dalam waktu dekat.

  • Legalitas

Hal yang tak kalah penting saat membeli apartemen second adalah memeriksa kelengkapan surat. Pastikan pemilik sebelumnya memiliki dokumen lengkap. Selain itu, perhatikan juga masa aktfi izin HGB. Pastikan izin tersebut masih berlaku dalam jangka waktu yang lama, sebab jika masa HGB akan habis, Anda harus mengeluarkan biaya lagi untuk memperpanjang izin.

Oleh karena itu, jangan langsung tergiur dengan harga murah apartemen second yang ditawarkan. Perhatikan dulu beberapa hal penting di atas sebelum membelinya. (Rima)

mediaLAINNYAaparteman di jaakarta,avalaible apartment jakartaMencari rumah di Jakarta kini bukan merupakan hal yang mudah. Terbatasnya ketersediaan lahan ditengah permintaan yang tinggi membuat harga rumah di Jakarta terbilang cukup tinggi. Untuk itu, beberapa orang lebih memilih available apartment in Jakarta dan menyewanya untuk tempat tinggal. Selain menyewa, biasanya banyak orang yang lebih memilih untuk...Media kumpulan artikel informasi dan tips