Manfaat Vitamin C sebagai penguat daya tahan atau imunitas tubuh adalah hal yang sudah umum diketahui oleh masyarakat. Dengan kuatnya sistem imun tubuh, maka kita akan bisa terhindar dari berbagai penyakit. Tidak hanya itu saja, tahukah Anda bahwa ternyata kuatnya sistem imun ini juga bisa dimanfaatkan untuk melawan sel yang sangat ditakuti, yaitu sel kanker.

Yap, keberadaan sel kanker dalam tubuh memang seperti vonis mati bagi sebagian orang. Hal ini dikarena sebagian besar penderita kanker yang tidak mampu bertahan setelah dokter memvonisnya menderita kanker. Meskipun begitu, ternyata banyak juga pasien kanker yang berhasil sembuh dari penyakit ini. Dan saat ini, Chief President

sistem imun

FUDA Cancer Hospital, Prof.Xu Kecheng, sedang mengkampanyekan cara pengobatan kanker terbaru yaitu dengan memanfaatkan sistem imun tubuhnya sendiri seperti yang dikutip dari kompas.

Menurutnya, sel kanker sebenarnya adalah sel yang berasal dari dalam tubuh, hanya saja tumbuh secara tidak normal sehingga menjadi jahat. Itulah sebabnya, karena berasal dari tubuh sendiri, menghilangkan sel ini secara total hampir tidak mungkin dilakukan. Bahkan, ketika pengobatan kanker dilakukan dengan cara operasi sekalipun, seringkali akan tetap benar-benar menghilangkan sel tersebut. Namun, dengan melawannya menggunakan sistem imun, maka akan lebih efektif untuk melawan sel tersebut. Karena perlawanan dilakukan langsung dari dalam tubuh pasien sendiri.

Lalu, bagaimana caranya meningkatkan sistem imun untuk melawan kanker? Caranya yaitu dengan:

  • Menghindari stres. Cobalah untuk menerima kenyataan bahwa Anda saat ini sedang menderita kanker. Dengan begitu, Anda tidak akan merasa stress yang justru dapat semakin memperburuk kondisi Anda.
  • Menjaga pola makan sehat. Carilah informasi mengenai makanan apa saja yang sebaiknya dihindari penderita kanker. Sebab, sel kanker juga membutuhkan zat tertentu untuk dapat bertahan hidup dan berkembang.
  • Olahraga ringan. Diskusikanlah pada dokter yang menangani penyakit Anda, olahraga ringan apa yang masijh aman untuk dilakukan sesuai dengan kondisi Anda.
  • Tetap beraktivitas secara normal. Cobalah untuk tetap beraktivitas seperti biasa. Hanya saja, Anda bisa menghilangkan beberapa kegiatan yang cukup berat dan berisiko memperparah kondisi Anda.
  • Melakukan imunoterapi. Imunoterapi adalah sebuah terapi dengan menyuntikkan sel darah terbaik milik pasien yang sudah dibiakkan ke dalam tubuh pasien. Suntikan ini bertujuan untuk meningkatkan kembali imunitas tubuh.

Cara ini cukup efektif untuk mengatasi kanker. Hanya saja, bergantung pada jenis kanker dan juga kondisi pasien sendiri. Semakin cepat penyakit kanker diketahui, maka akan semakin efektif proses pengobatannya. Namun, jika kanker yang diderita adalah kanker ganas yang berkembang dengan sangat cepat, maka ada baiknya jika Anda juga melengkapinya dengan pengobatan lainnya. (Vita)

 

mediaLAINNYAartikel kesehatan,sistem imunManfaat Vitamin C sebagai penguat daya tahan atau imunitas tubuh adalah hal yang sudah umum diketahui oleh masyarakat. Dengan kuatnya sistem imun tubuh, maka kita akan bisa terhindar dari berbagai penyakit. Tidak hanya itu saja, tahukah Anda bahwa ternyata kuatnya sistem imun ini juga bisa dimanfaatkan untuk melawan sel...Media kumpulan artikel informasi dan tips