Kebocoran pada pipa air adalah salah satu hal yang dianggan sangat merepotkan. Bagaimana tidak, lokasi pipa yang umumnya berada pada bagian dalam dinding, membuat kebocoran ini menjadi cukup sulit untuk di atasi. Setidaknya, kamu harus melakukan pembongkaran pada bagian dinding yang diduga merupakan lokasi adanya kebocoran pipa tersebut. Bukan hal yang mudah, kan?

Nah, daripada pusing memikirkan masalah perbaikannya, akan lebih baik jika Anda mengetahui apa saja penyebab

pipa air
                                        pipa air

dari kebocoran ini. Dengan mengetahuinya, maka Anda akan bisa menghindari hal-hal tersebut dan sedikit memperkecil risiko terjadinya kebocoran pipa di rumah Anda.

  • Kualitas pipa

Pada saat Anda membeli pipa di toko bangunan, ada banyak sekali jenis dan merk pipa yang bisa dipilih. Harga yang ditawarkan juga sangatllah beragam, dari yang paling murah hingga yang paling mahal. Nah, berhati-hatilah dalam memilih pipa yang berkualitas baik namun dengan harga yang terjangkau. Sebaiknya, hindari pipa yang memiliki harga paling murah, apalagi jika untuk pemasangan di dalam dinding. Sebab, bisa jadi kualitas pipa tersebut kurang baik. Namun, jika pipa ingin digunakan pada bagian luar yang mudah terlihat, maka hal ini bukan masalah. Sebab, jika mengalami kerusakan , akan mudah untuk menggantinya.

  • Pemasangan

Cara pemasangan yang salah, juga bisa menjadi penyebab terjadinya kebocoran pada pipa. Misalnya saja, sambungan yang kurang pas, atau pipa tertimpa oleh sesuatu dan membuatnya menahan beban di luar yang semestinya. Sebab itulah, penting untuk menyerahkan masalah pemasangan pipa pada seseorang yang sudah berpengalaman.

  • Kualitas plester tembok

Plestem tembok yang berkualitas kurang baik atau dibuat dengan cara yang salah, juga dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya kebocoran pipa.Misalnya, plester tembok yang mudah rusak dan menekan permukaan pipa. Pipa yang terus tertekan semakin lama akan mengalami keretakan, dan bahkan tidak menutup kemungkinan akan pecah.

  • Sumbatan

Sumbatan yang terdapat pada permukaan pipa dan tidak segera di atasi, dapat menyebabkan pipa mengalami masalah kebocoran. Apalagi, jika sumbatan ini berada pada lokasi dimana terdapat aliran air yang bertekanan tinggi. Semakin besar sumbatan, maka akan semakin cepat pula risiko kebocoran pipa akan terjadi. (Vita)

mediaPROPERTITIPSmengatasi pipa bocor,pipa bocor,tips rumahKebocoran pada pipa air adalah salah satu hal yang dianggan sangat merepotkan. Bagaimana tidak, lokasi pipa yang umumnya berada pada bagian dalam dinding, membuat kebocoran ini menjadi cukup sulit untuk di atasi. Setidaknya, kamu harus melakukan pembongkaran pada bagian dinding yang diduga merupakan lokasi adanya kebocoran pipa tersebut. Bukan...Media kumpulan artikel informasi dan tips