Bagi pekerja dengan lingkungan kerja dengan risiko tinggi, tentunya perlengkapan keselamatan adalah hal yang penting. Salah satu perlengkapan keselamatan saat bekerja adalah sepatu Safety. Mengapa menggunakan sepatu safety begitu penting? Berikut ini penjelasannya.

Alas Kaki Anti Terpeleset

Pemilihan dan penggunaan dari alas kaki yang paling cocok bagi lingkungan kerja dapat memiliki dampak yang dramatis dalam mengurangi kecelakaan. Jika masih ada sisa risiko terpeleset setelah pengendali tergelincir telah ditempatkan, maka atribut anti terpeleset

sepatu safety
sepatu safety

dari alis kaki memiliki peran penting lebih lanjut dalam mengurangi risiko tersebut. Ada beberapa kasus terpeleset dan terjungkal yang menunjukkan bagaimana alas kaki anti terpeleset dapat membantu mengurangi kecelakaan dalam linkungan yang berbeda.

Pabrik dan pemasok memiliki peran penting dalam menjamin produk yang cocok tersedia dan perusahaan memiliki informasi untuk memungkinkannya membuat pilihan yang tepat.

Standar Alas Kaki Industri

Sangat penting bahwa pembelian alas kaki dapat memastikan jenis sepatu yang dipilih akan memenuhi deskripsi produk. Lebih lanjut lagi, pabrik dan pemasok memiliki kewajiban hukum untuk menyediakan deskripsi yang akurat pada produk-produk mereka. Fitur keselamatan atau safety dari alas kaki diuji berdasarkan serangkaian standar uji Eropa yang tertulis dalam EN ISO 20344:2004. Spesifikasi kinerja diberkan dalam serangkaian standar yang berkaitan. Standar tersebut adalah:

  • EN ISO20345:2004 untuk alas kaki safety
  • EN ISO20346:2004 untuk alas kaki pelindung
  • EN ISO20347:2004 untuk alas kaki yang berhubungan dengan pekerjaan

Ketika produk alas kaki telah diuji dan disertifikasi, maka akan dicap dengan tanda CE. Pabrik juga akan memberikan informasi bagi penggunanya yang menunjukkan penerapan dimana alas kaki tersebut cocok atau tak cocok dikenakan.

Saat ini anti terpeleset tak termasuk dalam standar EN 20344/5/6 atau 7. Namun demikian seperti ditunjukkan dalam Pengarahan PPE, anti terpeleset dipertimbangkan sebagai persyaratan dasar untuk seluruh alas kaki PPE.  Dengan demikian kinerja tahan terpeleset harus diuji menggunakan standar Eropa BS EN ISO 13287:2004 tentang peralatan pelindung pribadi, alas kaki, metode uji untuk anti terpeleset.

Jika alas kaki industri ditandai dengan CE dan diklaim anti terpeleset, maka harus diuji dan nilai uji koefisien gesek (CoF) harus tersedia. Data CoF biasanya tak diberikan pada katalog, tetapi harus disertakan dalam petunjuk pengguna dan dapat diminta dari pemasok. Bisa juga untuk meminta data uji tambahan dari pemasok, contohnya nilai CoF pada pengujian permukaan khusus untuk penggunaan akhir. Beberapa alas kaki yang mengklaim tahan terpeleset secara umum bisa tak memiliki kinerja yang baik dalam kondisi khusus. Tak ada jenis alas kaki yang ideal untuk seluruh situasi.

Memilih Alas Kaki

Memilih alas kaki yang paling cocok untuk anti terpeleset pada lingkungan khusus atau kegiatan kerja dapat menjadi hal yang problematis. Deskripsi dari tahan gelincir diberikan pada brosur dengan istilah yang beragram, mulai dari kinerja cengkeraman yang ditingkatkan, hingga tahan gelincir ke segala arah yang sempurna. Sering kali brosur tidak menjelaskan lingkungan kerja dimana alas kaki tersebut cocok atau tak cocok.

Nah, pemasok memiliki peran penting untuk memberikan saran pada perusahaan yang akan membeli alas kaki tahan gelincir. Khususnya jika mereka mempertimbangkan untuk beralih dari jenis alas kaki yang sudah tak asing ke hal yang baru. Pemilihan alas kaki harus mempertimbangkan sejumlah faktor, seperti kenyamanan, kehandalan dan berbagai fitur keselamatan tambahan yang dibutuhkan, seperti sol tengah dari baha. Sangat tak dianjukan untuk memilih alas kaki hanya berdasarkan penjelasan dari brosur atau hasil uji laboratorium saja. Pemasok dapat membantu pembeli dengan membuat pilihan yang tepat dengan membantu uji lapangan dari alas kaki tersebut.

Sepatu Safety di Indonesia

Di Indonesia sendiri, bila ingin memilah merk-merk sepatu safety dapat melihat ke situs e-commerce yang menyediakan berbagai brand. Baik itu brand internasional maupun lokal. Sepatu Safety Cheetah  merupakan salah satu alas kaki keselamatan yang menjadi andalan di Indonesia. Ada beragam teknologi keselamatan yang diterapkan pada sepatu tersebut.

Pada situs b2b marketplace seperti Ralali, Anda pun bisa melihat beragam brand lainnya. Anda pun bisa mengetahui harga sepatu safety dari situs tersebut.

http://www.mediaartikel.com/wp-content/uploads/2017/04/download.pnghttp://www.mediaartikel.com/wp-content/uploads/2017/04/download.pngmediaLAINNNYAharga sepatu,sepatu safetyBagi pekerja dengan lingkungan kerja dengan risiko tinggi, tentunya perlengkapan keselamatan adalah hal yang penting. Salah satu perlengkapan keselamatan saat bekerja adalah sepatu Safety. Mengapa menggunakan sepatu safety begitu penting? Berikut ini penjelasannya. Alas Kaki Anti Terpeleset Pemilihan dan penggunaan dari alas kaki yang paling cocok bagi lingkungan kerja dapat memiliki...Media kumpulan artikel informasi dan tips