Pada kondisi normal, tubuh manusia memiliki kemampuan untuk memproduksi sel yang di butuhkan dan sel yang sudah rusak atau tua akan mati dengan sendirinya. Namun bagi penderita tumor, pertumbuhan sel terus terjadi dan tidak terkontrol. Pada kasus tumor otak, sel-sel yang tumbuh secara abnormal terjadi dalam tengkorak. Tumor otak jinak tumbuh dengan lambat dan tidak menyebar ke daerah sekitarnya, walaupun begitu tumor ini tetap menekan sel-sel syaraf yang ada di sekitarnya, karena itu tetap harus segera di atasi. Sementara untuk tumor otak ganas bertumbuh dengan cepat dan biasanya akan menyebar ke daerah sekitarnya.

Penyakit ini dibedakan menjadi 2 berdasarkan dari asal selnya. Tumor Otak Primer berasal dari sel-sel otak, pembuluh darah, syaraf yang ada di otak atau selaput yang menutupi otak. Tumor otak sekunder yaitu hasil metastasis dari sel kanker yang ada di organ lain. Apapun jenisnya, penyakit ini tetap harus segera di atasi, karena jika berkembang akan merusak sel syaraf yang ada di sekitarnya.

Ada beberapa pilihan untuk mengatasi penyakit ini sesuai dengan kondisi penderitanya. Berikut ini beberapa pilihan untuk mengatasi penyakit ini:

  • Operasi

Cara ini termasuk sering digunakan karena dianggap paling cepat mengatasi masalah ini. Teknik yang digunakan yaitu bedah mikro yang bertujuan untuk meminimalis cedera pada otak. Otak memiliki banyak jaringan halus dan sensitif, untuk beberapa kasus, operasi dapat menyelesaikan masalah ini tanpa masalah, namun tidak jarang terjadi efek samping setelah operasi seperti infeksi, pendarahan, kejang dan kelumpuhan. Selain itu, pada kasus tumor ganas seringkali tumor kembali muncul walaupun sudah dilakukan operasi.

  • Kemoterapi

Kemoterapi adalah penggunaan obat-obatan yang bertujuan untuk membunuh atau menghambat sel-sel kanker, obat ini bersifat sitotoksik (racun untuk sel). Namun pengobatan jenis ini juga memiliki resiko, karena tidak hanya sel kanker saja yang akan terganggu pertumbuhan, tetapi juga sel normal.

  • Herbal

Pengobatan jenis ini mulai sering dipilih, karena memiliki resiko yang paling rendah diantara pengobatan lainnya. Selain itu, herbal juga sudah terbukti efektif untuk mengatasi penyakit ini. Namun cara ini juga memiliki kelemahan. Herbal mengobati suatu penyakit secara perlahan, dan untuk konsumsi obat-obatan herbal harus benar-benar diperhatikan aturannya agar efektif. Untuk penderita tumor ganas yang berkembang sangat pesat, cara ini kurang efektif karna perkembangan sel tumor akan berkembang lebih cepat dibandingkan kerja dari obat herbal sendiri.

  • Sinar Gamma

Pengobatan dengan radiasi sinar gamma merupakan cara terbaru di Indonesia. Dengan radiasi sinar gamma, sel tumor akan rusak sementara sel lain yang sehat tidak akan ikut rusak. Tanpa harus membuka tulang tengkorak kelainan sel pada otak dapat diatasi dengan memancarkan 200 sinar radiasi yang di fokuskan ke tumor atau target lainnya.

mediaLAINNYAPada kondisi normal, tubuh manusia memiliki kemampuan untuk memproduksi sel yang di butuhkan dan sel yang sudah rusak atau tua akan mati dengan sendirinya. Namun bagi penderita tumor, pertumbuhan sel terus terjadi dan tidak terkontrol. Pada kasus tumor otak, sel-sel yang tumbuh secara abnormal terjadi dalam tengkorak. Tumor otak...Media kumpulan artikel informasi dan tips