Penyakit tumor adalah pertumbuhan jaringan tubuh yang tidak normal. Tumor bisa berupa tumor ganas (kanker) atau tumor jinak. Secara umum penyebab munculnya tumor adalah ketika sel dalam tubuh membelah dan tumbuh secara berlebihan. Sementara normalnya, pertumbuhan dan pembelahan sel sangat terkontrol. Sel baru akan tumbuh untuk menggantikan sel yang tua, sel yang sudah rusak atau tidak dibutuhkan akan mati untuk digantikan dengan sel baru yang sehat. Ketika keseimbangan ini terganggu, maka besar kemungkinan untuk terjadi tumor.

Kesembuhan pada penderita penyakit tumor tergantung pada jenis tumor yang diderita, apakah merupakan tumor jinak atau tumor ganas atau kanker, serta lokasinya, apakah berada di tempat yang berbahaya atau tidak. Penderita bisa saja tidak memerlukan perawatan yang intensif bila ternyata tumor yang ada merupakan tumor jinak serta berada di bagian tubuh yang aman. Yakni pertumbuhannya tidak menganggu kinerja organ tersebut.

Sementara bila berada di tempat yang menganggu, seperti tumor otak, maka harus dilakukan penanganan berupa pengangkatan tumor meski pun tumor tersebut merupakan tumor jinak. Ini karena pertumbuhannya bisa menganggu dan berbahaya pada jaringan otak yang lain.

Sementara itu bila tumor terdeteksi sebagai tumor ganas dan bahkan kanker, maka pengobatan pada penyakit tumor yang harus dilakukan di antaranya:

Operasi, bila tumor yang bersifat kanker ini berada di satu lokasi atau baru menyebar di daerah di dekatnya saja, maka biasanya akan dilakukan operasi untuk mengangkat tumor. Bila seluruh sel tumor tidak dapat dihilangkan dengan operasi maka akan dilakukan perawatan selanjutnya, seperti kemoterapi, radioterapi atau keduanya.

Kemoterapi, yaitu pengobatan yang bertujuan menghancurkan dan membunuh sel-sel kanker dengan menggunakan zat kimia. Prinsip kerja kemoterapi adalah menyerang fase pembelahan pada sel-sel kanker atau tumor yang bereplikasi atau berkembanng dengan cepat. Obat kemoterapi tidak menimbulkan dampak pada sel yang sedang tidak melakukan pembelahan, namun, kadang sel-sel rambut dan sel-sel lain yang sedang membelah lainnya bisa saja terkena dampak pengobatan bila siklus pembelahannya berada dalam target obat-obatan kemoterapi yang sedang dilakukan.  Karenanya, kebanyakan pasien kemoterapi mengalami kerontokan rambut setelah 2-3 minggu pengobatan.

Radioterapi, merupakan perawatan kanker menggunakan energy radioaktif. Terapi ini bertujuan membunuh sel kanker dengan menghancurkan DNA mereka. Sayangnya radioterapi ini juga bisa berdampak pada sel-sel normal yang berada di sekitar sel kanker. Meski begitu, sel-sel yang sehat ini bisa tumbuh kembali setelah beberapa waktu. Efek samping radioterapi bisa terasa hanya beberapa hari atau minggu setelah pengobatan, namun ada juga yang baru terasa setelah bertahun-tahun kemudian.

Perawatan dengan kombinasi keduanya, tidak jarang pasien pendapatkan perawatan yang merupakan kombinasi keduanya untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dan cepat.

Selainke-4 cara ini, ada cara baru yaitu pengobatan penyakit tumor otak dengan Gamma Knife. Gamma Knife adalah operasi untuk mengatasi tumor, kanker dan gangguan otak tanpa perlu pisau bedah. Cara terbaru yang lebih aman.

mediaINFO KESEHATANKESEHATANobat tumor,pengobatan tumor,sakit tumorPenyakit tumor adalah pertumbuhan jaringan tubuh yang tidak normal. Tumor bisa berupa tumor ganas (kanker) atau tumor jinak. Secara umum penyebab munculnya tumor adalah ketika sel dalam tubuh membelah dan tumbuh secara berlebihan. Sementara normalnya, pertumbuhan dan pembelahan sel sangat terkontrol. Sel baru akan tumbuh untuk menggantikan sel yang...Media kumpulan artikel informasi dan tips