Netting merupakan istilah dalam permainan bulu tangkis, dimana pemain mengarahkan kok di bidang permainan lawan bagian depan.

Ketika dilemparkan ke bidang lawan, kok dibuat setipis mungkin dengan net. Gunanya adalah untuk menyulitkan lawan, bahkan mematikan pergerakan lawan.

Masalahnya, tidak semua pemain mampu menguasainya dengan benar. Karena dibutuhkan konsentrasi tinggi, juga fikiran yang rileks untuk membuat pukulan tersebut.

Meskipun sulit, netting tetap bisa dikuasai penuh oleh pemain. Khususnya yang sudah terbiasa melakukannya, atau menjadi andalan utama selain menyerang dengan smash keras.

Untuk melakukan netting, setidaknya ada 3 hal yang perlu dilakukan agar bisa melakukan netting secara sempurna. Mau tahu bagaimana caranya? Simak caranya setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan penerapan netting di bawah ini.

Kelebihan Dan Kekurangan Penerapan Netting

Netting bisa menjadi andalan utama untuk mematikan pergerakan lawan. Dan yang paling penting, pemain bisa menyimpan tenaganya ketika melakukan netting.

Hanya saja, tidak mudah melakukan netting. Karena pemain harus punya fokus tinggi untuk menempatkan kok setipis mungkin dengan net.

Dengan kata lain, ada peluang untung gagal ketika melakukannya. Dan ini bisa dimanfaatkan pemain lawan untuk mengalahkan permainan Anda. Jika dijabarkan, ada beberapa keuntungan dan kelemahannya.

  • Keuntungan netting

Ketika dilakukan dengan benar, netting bisa menjadi senjata untuk menyelesaikan permainan menyerang lawan. Malahan, pemain lawan akan dipaksa untuk bertahan akibat netting yang sempurna.

Selain itu, netting yang baik akan membuat pemain lawan bertipikal menyerang kacau. Karena kemampuan utamanya dalam menyerang tidak bisa digunakan.

  • Kelemahan netting

Sebaliknya, jika netting tidak sempurna, kondisi ini akan menyebabkan pemain lawan mendapatkan keuntungan besar. Misalnya, netting terlalu tinggi.

Kondisi seperti ini tentu saja akan memudahkan pemain lawan untuk melakukan smash. Dan smash dengan tensi rendah saja bisa mematikan pergerakan, apalagi sampai dilakukan dengan cara yang keras.

Cara Melakukan Netting Di Permainan Badminton

Keuntungan dari netting memang bisa mencegah pemain lawan untuk terus menyerang. Sebaliknya, netting juga bisa menjadi boomerang jika tidak dilakukan dengan benar. Karena pemain lawan tetap bisa melakukan smash yang tidak bisa Anda bendung.

Supaya netting bisa diterapkan dengan sempurna, latihan sangat diperlukan. Dan setidaknya ada 3 hal yang bisa dilakukan untuk melakukan pukulan netting ini. Diantaranya adalah sebagai berikut ini.

  • Melatih kemampuan penggunaan raket forehand dan backhand
  • Posisikan siku dan pergelangan ditekuk ke belakang
  • Berikan tarikan kecil dengan pergelangan tangan ketika shuttlecock mengenai raket

Intinya, posisi serta memegang raket dan tarikan kecil yang sebaiknya dilatih secara terus menerus agar Anda bisa mahir melakukan netting.

Ketika sudah selesai bermain, simpanlah raket dengan baik. Misalnya ditempatkan di tas raket. Dan tas raket ini tidak hanya sebatas untuk tempat penyimpanan, tapi juga untuk memudahkan dalam membawa raket. Untuk biayanya, Anda bisa memeriksa harganya di harga tas raket badminton murah yang tersedia di blibli.com ini.

mediaLAINNNYAartikel olahraga,badmintonNetting merupakan istilah dalam permainan bulu tangkis, dimana pemain mengarahkan kok di bidang permainan lawan bagian depan. Ketika dilemparkan ke bidang lawan, kok dibuat setipis mungkin dengan net. Gunanya adalah untuk menyulitkan lawan, bahkan mematikan pergerakan lawan. Masalahnya, tidak semua pemain mampu menguasainya dengan benar. Karena dibutuhkan konsentrasi tinggi, juga fikiran...Media kumpulan artikel informasi dan tips