Dulu, untuk tersambung dengan internet, kita membutuhkan kabel telpon untuk dipasangkan ke komputer. Akibatnya, selama proses penggunaan internet ini, tidak ada telpon yang bisa keluar ataupun masuk. Sambungan ini, dinamakan dial-up. Namun sekarang, Internet Rumah dapat diakses menggunakan wifi, yang dapat tersambung tanpa menggunakan kabel atau alat lainnya. Wifi rumah biasanya menggunakan 4 alat, router, access point, power line, dan range extender/repeater. Ke-4 hal inilah yang menyebarkan koneksi di seluruh bagian rumah yang dapat diakses tanpa kabel atau alat lainnya.

Alat-alat ini menyebarkan sambungan melalui gelombang, karena itulah penempatannya harus diperhatikan baik-

perangkat wifi
perangkat wifi

baik agar sambungan tidak terganggu.

  • Tempatkan di tengah rumah.

Pada dasarnya, perangkat wifi menyebar gelombang ke seluruh penjuru secara seksama dengan gelombang yang berbentuk menyerupai bola yang terus menerus membesar. Untuk itu, guna meningkatkan efisiensi penyebaran gelombang, tempatkanlah perangkat wifi pada ruangan terbesar dan di tengah rumah, sehingga seluruh ruangan terkena gelombang. Kita bisa juga menempatkan perangkat di posisi yang tinggi demi dapat menyebarkan gelombang dengan lebih menyeluruh, namun jangan terlalu dekat dengan langit-langit. Penempatan perangkat di tempat tinggi juga baik untuk menghindari gangguan dari manusia, karena manusia yang mengandung banyak cairan juga dapat menganggu sambungan wifi.

  • Jangan tempatkan di dekat dinding.

Musuh pertama gelombang ini adalah dinding, karena dinding dapat memperlambat dan mengurangi kecepatan akses gelombang. Hal ini yang membuat koneksi di dalam ruangan berbeda dengan perangkat lebih lambat dari koneksi yang berada di satu ruangan dengan perangkat.

  • Jauhkan dari benda metal dan microwave.

Microwave memiliki gelombang unik sendiri saat proses memasak suatu makanan. Gelombang ini dapat menganggu gelombang dari perangkat wifi, dan dapat merusak perangkat wifi itu sendiri. Sementara itu, benda metal seperti tangga, sepeda, dan hal-hal lainnya juga dapat menganggu sambungan koneksi. Hindari juga dari kaca karena dapat memantulkan gelombang sehingga ruangan dibalik kaca tidak terkena jangkauan.

  • Posisikan antenna dengan baik.

Router memiliki antenna yang dapat kita posisikan sesuai keinginan. Pastikan antenna tidak mengarah ke benda-benda yang dapat mengacaukan sinyal atau gelombang. (RR)

mediaUncategorizedartikel tekno,perangkat wifi,signal wifi,sinyal wifiDulu, untuk tersambung dengan internet, kita membutuhkan kabel telpon untuk dipasangkan ke komputer. Akibatnya, selama proses penggunaan internet ini, tidak ada telpon yang bisa keluar ataupun masuk. Sambungan ini, dinamakan dial-up. Namun sekarang, Internet Rumah dapat diakses menggunakan wifi, yang dapat tersambung tanpa menggunakan kabel atau alat lainnya. Wifi...Media kumpulan artikel informasi dan tips