Bisnis pariwisata Indonesia memang sedang berkembang. Kini, hampir setiap wisata di Indonesia memiliki pesona atraksi wisata tersendiri yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Surabaya, yang memang telah lama terkenal dengan banyaknya atraksi wisata bersejarah di kota tersebut. Namun, Surabaya memiliki banyak pesona wisata lain yang tak kalah menarik untuk ditilik. Pernah dengar tentang Patung Buddha 4 Wajah? Jika hal yang terlintas di benak Anda adalah patung Buddha yang berada di Bangkok, maka Anda salah. Pasalnya, Surabaya

Patung Buddha 4 Wajah
Patung Buddha 4 Wajah

juga memiliki patung ini!

Berada di kawasan Pantai Ria Kenjeran, Surabaya, Patung Buddha 4 Wajah sering menjadi alternatif wisata untuk dikunjungi oleh wisatawan. Letaknya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota, yakni kurang lebih sekitar 8 km, membuat wisatawan rajin menyambangi tempat ini. Sambil menikmati angin khas daerah pesisir, pengunjung bisa berjalan-jalan di kawasan tersebut sambil berfoto.

Patung Buddha 4 Wajah mulai dibangun pada tahun 2003 dan resmi dibuka untuk umum satu tahun kemudian. Di atas lahan seluas 1,5 hektar, patung ini diletakkan pada bangunan berukuran 9×9 meter. Sisi-sisinya dihiasi pilar dengan tangga berundak untuk mencapai lokasi patungnya. Angka 9 yang digunakan sebagai ukuran bangunan ternyata bukan tanpa alasan: pasalnya, angka 9 dianggap sebagai simbol dari kesempurnan.

Jika dilihat dari dekat, patung Buddha ini memiliki empat wajah yang menghadap ke penjuru mata angin. Empat wajah ini melambangkan sifat Buddha yang utama. Sifat tersebut adalah pengasih, murah hati, adil, dan sifat meditasi. Konon, patung ini serupa dengan Patung Buddha 4 Wajah yang berada di Bangkok. Seluruh permukaan patung dilapisi dengan emas, sehingga akan terlihat berkilau begitu terkena cahaya atau ketika di malam hari. Menurut kabar, Patung Buddha 4 Wajah yang ada di Surabaya ini merupakan patung tertinggi yang ada di Indonesia. Jadi, jika mengunjungi patung Buddha yang ada di Bangkok adalah alasan mengapa Anda tertarik wisata ke luar negeri, sekarang hal itu bukan lagi sebuah alasan yang kuat. Sebab, Anda tidak perlu lagi jauh-jauh ke sana untuk melihat patung Buddha ini.

Mengunjungi tempat ini tidak hanya memberikan sensasi tersendiri bagi para pengunjung tetapi juga memberikan informasi baru bagi para wisatawan. Penjaga kawasan ini akan dengan senang hati berbagi cerita tentang Patung Buddha 4 Wajah ini kepada pengunjung. Bagaimana, tertarik untuk mengunjunginya?

 

mediaTEMPAT WISATATRAVELartikel wisata,patung 4 wajah,tempat wisata,wisata surabayaBisnis pariwisata Indonesia memang sedang berkembang. Kini, hampir setiap wisata di Indonesia memiliki pesona atraksi wisata tersendiri yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Surabaya, yang memang telah lama terkenal dengan banyaknya atraksi wisata bersejarah di kota tersebut. Namun, Surabaya memiliki banyak pesona wisata lain yang tak kalah menarik...Media kumpulan artikel informasi dan tips