Selain merugikan kantong, oli sepeda motor yang boros tentunya juga berisiko untuk kendaraan. Meskipun tidak dirasakan sekarang, efek negatif dari oli motor yang boros lama akan muncul satu demi satu. Karena Itu, Anda harus segera mencari apa penyebab oli motor yang boros.

Anda harus mengetahui apakah berkurangnya oli motor termasuk boros atau wajar. Karena fungsi oli juga untuk mendinginkan mesin, maka wajar kalau sebagian volume oli menguap. Namun, jika kondisi oli memang cepat habis dan melebihi batas wajar, maka Anda perlu memeriksa beberapa hal ini:

  • Kebocoran seal oli

Salah satu penyebab oli boros yang paling umum adalah kebocoran seal oli. Kebocoran seal oli ini biasanya

oli motor
oli motor

diakibatkan oleh pengisian oli yang melebihi kapasitas. Selain itu, umur dari seal oli itu sendiri perlu diperhatikan. Pengisian oli yang terlalu penuh dapat menyebabkan oli meluber ke filter udara dan ruang karburator. Sementara, oli yang terbakar di ruang pembakaran dapat membuat knalpot mengeluarkan asap putih dan menyebabkan kebocoran seal oli.

  • Kekentalan oli yang tidak sesuai dengan spesifikasi mesin

Kekentalan oli merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli oli motor matic atau manual. Namun karena satu dan lain hal, masih ada saja beberapa orang yang menggunakan oli yang tidak sesuai. Padahal, menggunakan oli yang lebih kental dari yang dianjurkan dapat membuat motor terasa lebih berat. Sebaliknya, jika oli yang digunakan lebih encer maka motor akan terasa lebih ringan. Hal ini juga bisa memengaruhi penggunaan oli dan membuatnya cepat habis.

  • Oli sudah lama tidak diganti

Kapan terakhir kali Anda mengganti oli? Jarang mengganti oli akan membuat motor lebih boros oli ke depannya. Di saat oli berada di bawah batas minimal, maka oli tidak dapat melindungi mesin dengan maksimal. Akibatnya, hal ini dapat membuat komponen-komponen dalam motor cepat rusak.

  • Piston dan Ring Piston Aus

Kerusakan piston dan ring piston juga bisa menjadi penyebab borosnya oli motor. Ring piston yang aus dapat menjadi kendur, sehingga udara masuk ke ruang oli dan tekanan kompresi menjadi turun. (source: hondacengkareng.com)

Itulah dia keempat hal yang perlu diperiksa saat Anda merasa oli motor cepat habis. Semoga membantu! (Rima)

mediaMOTOROTOMOTIFoli motorSelain merugikan kantong, oli sepeda motor yang boros tentunya juga berisiko untuk kendaraan. Meskipun tidak dirasakan sekarang, efek negatif dari oli motor yang boros lama akan muncul satu demi satu. Karena Itu, Anda harus segera mencari apa penyebab oli motor yang boros. Anda harus mengetahui apakah berkurangnya oli motor termasuk...Media kumpulan artikel informasi dan tips