Bulan puasa hampir tiba, tentu Anda pun mulai berlomba-lomba untuk mempersiapkan diri dalam menyambut bulan yang suci. Hanya saja, bagi Anda yang menderita sakit maag dan harus minum obat maag kronis, apakah Anda tetap bisa menjalankan puasa sebagaimana mestinya? Jawabannya, tentu saja bisa. Yang harus Anda lakukan adalah memastikan asupan nutrisi dalam tubuh terpenuhi ketika sahur di pagi hari. Coba cek daftarnya, ya!

  1. Maag atau tidak maag sebetulnya karbohidrat merupakan nutrisi yang tidak boleh dilewatkan ketika sahur. Pasalnya, karbohidrat inilah yang akan menjadi sumber energi untuk Anda berpuasa sepanjang hari. Lebih
    keracunan makanan
    keracunan makanan

    disarankan untuk mengonsumsi karbohidrat kompleks yang terdapat pada nasi merah, roti gandum, atau kentang karena karbohidrat jenis ini akan lebih lama dicerna sehingga membuat Anda merasa kenyang dalam waktu yang cukup lama.

  2. Selain karbohidrat, nutrisi lain yang sebaiknya dikonsumsi saat sahur adalah protein. Bagi Anda yang menderita sakit maag, disarankan untuk mengonsusmi daging sapi rendah lemak, ayam yang sudah dibuang kulitnya, ikan, tahu, tempe, dan juga telur, sebagai sumber protein. Jangan lupa juga cek cara pengolahannya. Jangan diberi bumbu asam atau pedas karena bisa memperparah kondisi maag Anda.
  3. Patut diingat bahwa lemak tidak selamanya buruk untuk kesehatan Anda lho. Ada juga lemak baik yang bisa membantu meningkatkan kinerja tubuh Anda. Nah, ketika sahur, Anda juga membutuhkan tambahan nutrisi dari lemak ini. Beberapa sumber lemak baik yang bisa dikonsumsi saat sahur bagi penderita sakit maag adalah alpukat, kacang-kacangan, atau oat. Hindari makanan yang bersantan dan yang digoreng karena keduanya merupakan sumber lemak jahat.
  4. Vitamin dan mineral. Sahur tidak lengkap rasanya tanpa kehadiran buah dan juga sayuran. Yap, buah dan sayur merupakan sumber vitamin serta mineral yang sangat kaya. Sayur yang disarankan untuk dikonsumsi adalah sayur yang berwarna hijau dan merah, dengan pengecualian untuk sayur kol, kubis, dan brokoli yang mengandung gas sehingga membuat perut kembung. Sementara untuk buah, Anda bisa memilih buah yang mengandung banyak air dan tidak asam.

Nah, itu dia beberapa nutrisi yang harus dipenuhi saat sahur untuk Anda yang menderita sakit maag. Jangan lupa untuk menghindari makanan yang pedas, asam, dan juga mengandung banyak gula, ya. Misalnya seperti mengonsumsi roti, karena roti mengandung sifat asam sehingga tidak bagi bagi penderita maag. Itulah sebabnya, mengonsumsi roti bagi penderita maag tidaklah dianjurkan. Selain itu, biasakan pula untuk minum obat maag saat sahur agar puasa tidak terganggu. Semoga bermanfaat!

mediaLAINNYAartikel kesehatan,maag,penderita maagBulan puasa hampir tiba, tentu Anda pun mulai berlomba-lomba untuk mempersiapkan diri dalam menyambut bulan yang suci. Hanya saja, bagi Anda yang menderita sakit maag dan harus minum obat maag kronis, apakah Anda tetap bisa menjalankan puasa sebagaimana mestinya? Jawabannya, tentu saja bisa. Yang harus Anda lakukan adalah memastikan...Media kumpulan artikel informasi dan tips