Alat berat atau alat konstruksi  tentu sering kita jumpai ketika adaya sebuah proyek pembangunan.  Bahkan jika ada proyek pembangunan dan penggunaan alat berat, jalanan sekitar proyek pembangunan akan mengalami kemacetan yang luar biasa. Dengan adanya alat berat ini, proses proyek pembangunan akan lebih cepat dan terjamin kualitasnya. Nah, biasanya setiap proyek pembangunan baik jalan, jalan tol atau proyek lainnya sepenuhnya akan diawasi oleh Pemerintah namun yang mengerjakan langsung proyek tersebut adalah perusahaan kontraktor yang bekerja sama dengan perusahaan yang khusus jual alat berat.

Setidaknya ada beberapa jenis alat berat yang biasa digunakan ketika ada pengerjaan proyek pembangunan yang biasa kita jumpai diantaranya

Bulldozer

Jenis alat berat ini tentu sudah pasti akan dipergunakan ketika ada proyek pembangunan. Dari bentuknya, bulldozer ini layaknya seperti traktor yang menggunakan rantai dan dan Blade (pisau)  yang berada pada bagian depan. Jenis alat berat ini digunakan untuk menggusur material seperti tanah, pasir dan material lainnya. Biasanya penggunaan alat berat ini digunakan pertama kali untuk membersihkan vegetasi  lapisan atas dan dapat digunakan untuk pekerjaan leveling (meratakan)

alat berat
                                     alat berat

tempat dari proyek tersebut. Bulldozer merupakan alat berat dengan mesin diesel yang paling banyak digunakan, sehingga diperlukan perawatan mesin diesel secara teratur untuk menjaga performanya.

Excavator

Excavator atau bisa disebut sebagai mesin atau alat berat yang berfungsi sebagai penggali.  Ini terlihat dari bentuknya yang memiliki wadah untuk mengeruk  di bagian depan. Tidak hanya sebagai alat berat untuk membantu proses proyek pembangunan, tapi kita sering melihat alat berat ini digunakan ketika ada pembongkaran rumah-rumah yang menempati tanah illegal.

Crane

Jenis alat berat ini termasuk dalam kategori alat angkut material-material yang digunakan untuk proyek pembangunan khususnya untuk memindahkan bahan-bahan proyek dari bawah ke atas. Biasanya crane ini terlihat ketika ada proyek pembangunan gedung pencakar langit dan jalan tol yang memang ukurannya sangat tinggi.

Wheel Loader

Bisa dikatakan bahwa dari segi bentuk, jenis alat berat ini mirip dengan bulldozer. Namun kegunaannya berbeda, di mana wheel loader hanya bisa digunakan di daerah yang keras dan rata. Pada dasarnya wheel loader bukan hanya untuk pengerjaan sebuah proyek pembangunan, namun bisa untuk pembersihan lapangan, penggusuran tanah  dengan jarak yang dekat, sekaligus sebagai alat untuk membantu meratakan timbunan tanah.

Compactor

Jenis alat berat ini memiliki fungsi memadatkan material tanah atau aspal jalanan. Jenis alat berat ini biasanya terlihat ketika ada proyek pembuatan jalan baru,  pengaspalan jalanan, peninggian jalanan, dan untuk landasan pesawat terbang.

Itulah beberapa jenis alat berat yang biasa kita temui dijalanan ketika ada proyek pembangunan. Semoga bisa memberikan informasi secara mudah dalam mengenali beberapa jenis alat berat yang biasa digunakan untuk pengerjaan proyek konstruksi. -apuy-

mediaLAINNNYAalat berat,produk alat beratAlat berat atau alat konstruksi  tentu sering kita jumpai ketika adaya sebuah proyek pembangunan.  Bahkan jika ada proyek pembangunan dan penggunaan alat berat, jalanan sekitar proyek pembangunan akan mengalami kemacetan yang luar biasa. Dengan adanya alat berat ini, proses proyek pembangunan akan lebih cepat dan terjamin kualitasnya. Nah, biasanya...Media kumpulan artikel informasi dan tips