Sekarang ini kebanyakan masyarakat Indonesia makan bukan disaat lapar saja, banyak juga orang yang makan karena bosan atau stres sehingga tak jarang kalori yang masuk melebihi kadar yang seharusnya. Akibatnya, tak sedikit juga masyarakat Indonesia yang mengidap kolestrol. Nah, untuk mengatasinya, Anda perlu mengonsumsi makanan penurun kolesterol dan menerapkan gaya hidup sehat, seperti melakukan diet misalnya.

Nah, buat Anda yang biasa sarapan dengan gorengan atau makanan yang kurang sehat untuk tubuh, coba deh

sarapan sehat
sarapan sehat

konsumsi menu sarapan diet yang sehat seperti berikut ini.

  1. Oatmeal

Oatmeal mengandung antioksidan yang ampuh melawan radikal bebas yang disebut dengan avenanthramide (sc: lifestyle.kompas). Antioksidan ini dapat menurunkan kolesterol jahat dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Oatmeal juga termasuk makanan mengandung serat untuk mengurangi kolesterol. Selain itu kandungan seratnya juga bisa membuat Anda kenyang dalam waktu yang lebih lama sehingga cocok dikonsumsi saat diet.

  1. Granola

Selain oatmeal, ada juga menu sarapan yang berbahan dasar gandum yaitu granola. Granola ini mulai populer dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia karena khasiatnya yang baik untuk kesehatan. Granola merupakan snack kering dari biji-bijian seperti biji bunga matahari, biji labu, biji semangka dan kacang-kacangan sehat seperti almond, kenari dan lain-lain.

Meskipun terbilang cukup mahal, granola banyak digemari oleh banyak orang karena rasanya yang nikmat. Granola seringkali dikonsumsi dengan buah-buahan, susu, yoghurt dan madu. Granola juga memiliki kadar serat yang dapat melancakan pencernaan dan dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama.  Tak heran makanan yang satu ini sering dijadikan menu sarapan saat diet.

  1. Yoghurt

Tidak hanya menjadi tambahan saat mengonsumsi granola, yoghurt juga biasa dijadikan menu sarapan bagi orang-orang yang sedanh menjalani diet. Memangnya apa sih khasiat yoghurt untuk tubuh? Yoghurt termasuk salah satu menu yang mudah dicerna oleh tubuh dan mengandung bakteri baik. Bakteri baik yang dimaksud adalah probiotik yang dapat membersihkan saluran pencernaan Anda dari mikroorganisme berbahaya. Ketika saluran pencernaan lancar, maka perut Anda juga akan terasa lebih ringan dan berat badan pun bisa turun.

Bagaimana, siap untuk mencoba menu-menu di atas untuk sarapan? (Rima)

mediaINFO KESEHATANKESEHATANmakanan sehat,sarapan sehatSekarang ini kebanyakan masyarakat Indonesia makan bukan disaat lapar saja, banyak juga orang yang makan karena bosan atau stres sehingga tak jarang kalori yang masuk melebihi kadar yang seharusnya. Akibatnya, tak sedikit juga masyarakat Indonesia yang mengidap kolestrol. Nah, untuk mengatasinya, Anda perlu mengonsumsi makanan penurun kolesterol dan menerapkan...Media kumpulan artikel informasi dan tips