Indonesia adalah salah satu negara di dunia yang memiliki iklim tropis. Seiring berjalannya waktu iklim tropis ini mengalami perubahan dalam suhu hingga jangka waktu pada tiap musimnya. Di beberapa wilayah di Indonesia terjadi peningkatan suhu hingga 40° Celsius, termasuk di kota-kota besar seperti Jakarta dan Semarang. Dengan terjadinya perubahan tersebut, beberapa arsitek dan pengusaha properti di Indonesia mulai membuat properti yang ramah lingkungan. Hal ini terus didukung hingga menjadi tren dimasyarakat sampai saat ini. Dimulai dari hunian atau tempat tinggal yang mengusung konsep ramah lingkungan, memiliki beberapa hal penting sebagai berikut:

  1. Struktur bangunan

Sebelum membangun sebuah rumah, terlebih dahulu harus memikirkan desain bangunan dan juga bahan baku yang akan digunakan yang mengutamakan konsep ramah lingkungan.

  1. Energi

Dengan memiliki desain rumah ramah lingkungan yang baik dapat mempengaruhi penghematan energi yang digunakan. Adanya sirkulasi udara, mendapatkan sinar matahari yang cukup, dan memiliki resapan air akan meningkatkan penghematan energi, terutama energi listrik.

  1. Material

Memikirkan bahan baku atau material yang akan digunakan dalam membangun rumah ramah lingkungan, sehingga dapat terhindar dari pemborosan bahan baku dan energi dalam membangun rumah.

Tidak hanya hunian yang mengusung konsep ini, tetapi beberapa bangunan perkantoran juga menggunakan bahan baku dan desain ramah lingkungan, salah satunya adalah gedung Kementrian Pekerjaan Umum yang mendapatkan sertifikat Greenship Platinum dari lembaga GBC Indonesia atau Green Building Council Indonesia. Lembaga ini didirikan pada tahun 2009 oleh para profesional di sektor perancangan dan konstruksi bangunan yang mengutamakan konsep bangunan ramah lingkungan. Semakin banyaknya masyarakat yang menggunakan properti ramah lingkungan di Indonesia, maka meningkatkan kehidupan yang lebih baik untuk generasi selanjutnya.

mediaLAINNYAIndonesia adalah salah satu negara di dunia yang memiliki iklim tropis. Seiring berjalannya waktu iklim tropis ini mengalami perubahan dalam suhu hingga jangka waktu pada tiap musimnya. Di beberapa wilayah di Indonesia terjadi peningkatan suhu hingga 40° Celsius, termasuk di kota-kota besar seperti Jakarta dan Semarang. Dengan terjadinya perubahan...Media kumpulan artikel informasi dan tips