Musim hujan telah tiba! Bagi Anda yang menggunakan layanan provider internet wireless atau kabel di rumah, memasuki musim hujan pastinya akan membuat Anda ketar-ketir. Mengapa demikian? Pasalnya ketika hujan turun, sinyal internet yang dihantarkan dengan router akan sedikit terganggu dan berkurang kecepatannya. Apalagi ketika hujan turun disertai dengan angin dan petir, ugh rasanya menyebalkan sekali ketika internet rumah tiba-tiba down! Anda jadi tidak bisa mengakses social media untuk melihat tren kontroversial terbaru yang sedang hot dibicarakan.

Eits, tapi jangan khawatir! Musim hujan tidak selalu berarti koneksi internet di rumah akan melemah kok. Ada beberapa cara yang bisa

koneksi wifi
                                           koneksi wifi

Anda lakukan untuk mengantisipasi hal ini. Di antaranya adalah:

  1. Menggunakan tools untuk mengoptimasi sinyal wi-fi di perangkat elektronik Anda. Misalnya saja pada tablet atau pada ponsel pribadi Anda. Cobalah melirik ke Google Play atau App Store untuk mengunduh aplikasi Wi-Fi booster atau sejenisnya untuk meningkatkan performa sinyal yang diterima oleh ponsel Anda. Percaya atau tidak, penggunaan aplikasi ini cukup berpengaruh untuk menguatkan sinyal secara cepat. Ada banyak sekali lho aplikasi user-friendly yang bisa Anda gunakan sehingga Anda bisa memilihnya berdasarkan kebutuhan. Tidak hanya sinyal Wi-Fi saja yang bisa di-boost, tetapi juga sinyal koneksi internet di ponsel Anda.
  2. Pasang Aksesoris Eksternal. Aksesoris ini bukan sembarang aksesoris, melainkan perangkat tambahan untuk meningkatkan layanan tambahan. Anda bisa menggunakan extender Wi-Fi yang akan memperluas cakupan sinyal sehingga performa sinyal akan semakin baik. Selanjutnya adalah external antenna dan juga rubber duck antena. Kedua aksesoris ini nantinya akan membantu persebaran layanan sehingga sinyal di rumah Anda akan semakin cepat.
  3. Simpan router di tempat yang terbuka. Anda harus menempatkan router di tempat yang tidak terhalang apa pun, baik tembok, peralatan, pintu, atau apa pun sehingga sinyal bisa dengan mudah terakses tanpa batas. Patut diperhatikan juga, jangan letakan router bersamaan dengan perangkat elektronik karena sinyalnya bisa saling mempengaruhi dan mengganggu persebaran koneksi Wi-Fi di rumah Anda.

Tiga hal di atas merupakan hal sederhana yang bisa Anda lakukan di rumah untuk mempercepat koneksi Wi-Fi Anda. Namun, jika dari providernya memang sedang gangguan, maka tidak ada hal lain yang bisa Anda lakukan selain menunggu. Selamat mencoba!

mediaINTERNETTEKNOkoneksi internet,koneksi wifi,sinyal internetMusim hujan telah tiba! Bagi Anda yang menggunakan layanan provider internet wireless atau kabel di rumah, memasuki musim hujan pastinya akan membuat Anda ketar-ketir. Mengapa demikian? Pasalnya ketika hujan turun, sinyal internet yang dihantarkan dengan router akan sedikit terganggu dan berkurang kecepatannya. Apalagi ketika hujan turun disertai dengan angin...Media kumpulan artikel informasi dan tips