Jika mendengar kata ‘panel surya’, maka yang terbayang di benak kita adalah sebuah lapisan khusus yang dipasang di atap rumah untuk mengumpulkan cahaya matahari dan  diubah menjadi energi. Energi ini bisa dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari, seperti dijadikan sebagai pengganti arus listrik hingga menjadi water heater atau pemanas air. Mengingat banyaknya manfaat panel surya ini, maka tidak jarang masyarakat memasangnya di atap rumah mereka.

Eh, tapi tahu tidak sih? Ternyata, panel surya tidak harus selalu dipasang di atap rumah, lho! Panel ini bisa juga

panel surya
panel surya

dipasang pada bagian eksterior rumah kita! Yup, jadi selain untuk menyerap cahaya matahari, panel ini bisa dijadikan sebagai pemanis arsitektur rumah.

Adalah sebuah studio arsitektur yang berbasis di Stockholm, Swedia, yang pertama kali mencetuskan ide ini. Studio Bernstrand memperkenalkan konsep apartemen dengan panel surya yang dipasangkan di dinding eksterior. Fungsi utamanya adalah untuk melindungi bagian dalam rumah dari sinar matahari langsung dan juga menyerap cahayanya untuk diubah menjadi energi. Panel-panel ini dipasangkan pada awning, jendela, serta balkon.

Pemasangan panel pada tempat-tempat tersebut bukannya tanpa alasan. Penempatannya didasarkan pada jumlah maksimum sumber cahaya yang menerpa setiap harinya. Tidak heran jika panel-panel ini ditempatkan pada balkon dan jendela yang secara aktif dikenai sinar matahari. Jenisnya pun disesuaikan dengan mayoritas titik cahaya matahari terkumpul. Dengan begitu, panel-panel surya dapat melaksanakan tugasnya dengan maksimal serta mampu menghalangi sinar matahari secara langsung.

Jika dilihat dari kejauhan, bangunan apartemen ini tidak jauh berbeda dengan apartemen pada umumnya. Bentuknya sederhana, dengan warna cat cokelat dan kelabu. Warna ini memberi kesan hangat pada apartment saat cuaca sedang dingin. Dengan adanya panel surya dengan warna yang tampak kontras dengan warna cat dindingnya, menambah kesan bold dari eksterior apartemen ini.

Tertarik untuk mengikuti ide ini di hunian Anda? Jangan lupa cari panel surya yang warnanya senada dengan eksterior rumah Anda, ya! Dan jangan lupa juga untuk memperhitungkan biaya pemasangan agar pengeluaran Anda tidak berlebihan nantinya. Selamat mencoba!

mediaDEKORASIPROPERTIartikel arsitektur,panel suryaJika mendengar kata ‘panel surya’, maka yang terbayang di benak kita adalah sebuah lapisan khusus yang dipasang di atap rumah untuk mengumpulkan cahaya matahari dan  diubah menjadi energi. Energi ini bisa dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari, seperti dijadikan sebagai pengganti arus listrik hingga menjadi water heater atau pemanas air. Mengingat banyaknya...Media kumpulan artikel informasi dan tips