Untuk mencegah banyaknya spam dari ribuan situs yang ada, Google merancang sebuah filter yang disebut Google Sandbox. Google Sandbox berguna untuk mencegah situs-situs baru menduduki peringkat tertinggi selama 2-12 bulan pertama sejak berdirinya situs, selain itu juga mencegah spam dari pembuat situs yang hendak mengambil keuntungan dengan cara ternak situs atau membuat situs sebanyak-banyaknya. Meskipun bermanfaat, ini artinya situs baru yang kamu rancang pun tidak luput dari cengkeraman filter ini.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Berikut adalah 5 cara yang bisa Anda lakukan untuk keluar dari filter Google Sandbox ini:

  1. Buat konten berkualitas tinggi

Cari topik yang disesuaikan dengan keyword atau banyak diminati. Walaupun sudah banyak yang membahas topik itu, Anda tetap dapat membuat konten yang lebik unik bukan copy paste dari situs lain. Dengan membuat konten yang berkualitas, konten Anda akan lolos dari Google Sandbox atau bahkan dapat muncul di halaman pertama Google

  1. Hindari optimisasi secara berlebihan

Optimisasi yang terlalu tiba-tiba dan berlebihan dapat mengakibatkan situs terjebak ke dalam Google Sandbox karena dicurigai. Optimasi berlebihan ini, misalnya adalah Anda banyak menggunakan keyword-keyword didalam artikel tersebut.

  1. Mengindeks situs

Untuk membantu Google datang dan mengindeks website, Anda dapat mendaftarkannya ke Google Search Console. Dari google consule Anda dapat meminta Google untuk melakukan fetch and render. Cukup masukkan URL situsmu dalam kolom yang tersedia, dan Google dapat segera menemukannya.

 

  1. Tingkatkan Traffic

Situs yang dalam Google Sandbox masih dapat memperoleh traffic organik, tapi jumlahnya jauh lebih kecil dibandingkan situs yang telah lolos dari filter ini.  Anda dapat meningkatkan traffic dengan rajin membagikan situs atau url artikel Anda, misalnya ke social media.

 

  1. Perbaiki Content yang Sudah Ada

Dari data Analitik, Anda dapat mengetahui konten mana yang banyak memberikan traffik, nah konten yang seperti ini yang dapat Anda buat lagi untuk mendatangkan traffic yang lebih banyak. Apabila terdapat konten yang tidak memberikan traffic apa pun, kamu dapat mengatasinya dengan dua cara : menghapus konten yang tidak berhubungan dengan situs, atau kurang relevant atau cara kedua adalah  gabungkan konten yang menghasilkan traffic dengan konten yang tidak menghasilkan menjadi satu konten yang bermutu atau bisa juga edit konten ini agar lebih update dan SEO friendly.

mediaLAINNYAUntuk mencegah banyaknya spam dari ribuan situs yang ada, Google merancang sebuah filter yang disebut Google Sandbox. Google Sandbox berguna untuk mencegah situs-situs baru menduduki peringkat tertinggi selama 2-12 bulan pertama sejak berdirinya situs, selain itu juga mencegah spam dari pembuat situs yang hendak mengambil keuntungan dengan cara ternak...Media kumpulan artikel informasi dan tips