Kayu akan selalu dibutuhkan untuk berbagai keperluan, baik untuk pembangunan maupun untuk dekorasi rumah. Karena itulah, setiap harinya akan banyak sekali jumlah pohon yang harus di tebang untuk memenuhi kebutuhan kayu tersebut. Menebang pohon dengan secara manual dengan tenaga manusia akan membutuhkan banyak tenaga serta waktu. Untuk mempermudah pekerjaan ini, digunakanlah alat berat bernama Feller Buncher yang bisa didapatkan di perusahaan Jual Alat Berat.

Alat Feller Buncher adalah sebuah alat berat yang memiliki fungsi penebangan dan pengangkutan dalam satu alat yang sama. Satu buah alat ini dapat menggantikan pekerjaan 10 hingga 15 orang dan mampu menebang dan mengangkut 200 batang pohon setiap jamnya, hal yang tidak mungkin dapat dilakukan jika dikerjakan secara

Feller Buncher
                                   Feller Buncher

manual. Alat ini biasa digunakan untuk menebang seluruh pohon atau hanya beberapa pohon di suatu lokasi. Selain digunakan untuk proyek penebangan hutan, alat ini juga bisa digunakan untuk membersikan pepohonan di lahan yang akan digunakan untuk pembangunan.

Berdasarkan alat penggerakanya, alat ini bisa dibedakan menjadi dua jenis yaitu tracked feller dan wheeled feller. Tracked feller akan berjalan lebih lambat bila dibandingkan dengan wheeled feller, namun lebih stabil jika digunakan dimedan yang curam. Tracked feller juga mampu untuk beroperasi pada tanah yang basah dan longgar.

Secara sederhana, alat ini bekerja dengan memotong pohon dengan menggunakan pisau atau gergaji mesin yang terdapat pada head alat ini.Batang pohong yang telah ditebang akan ditahan oleh pencapit yang terdapat pada head, dan kemudian dibawa ke lokasi penumpukan. Berdasarkan pada jarak jangkauannya, feller buncher dapat terbagi menjadi 3, yaitu:

  • Zero tail swing

Head pada tipe ini langsung dipasang pada bagian chassis. Memiliki jangkauan yang paling terbatas diantara yang lainnya.

  • Limited tail swing

Head pada tipe ini akan dipasang pada bagian boom. Memiliki jangkauan yang lebih jauh bila dibandingkan dengan zero tail swing.

  • Full tail swing

Sama seperti pada limited tail swing, head juga dipasang pada bagian boom. Namun, jangkauan feller buncher tipe ini adalah yang paling jauh dan mencapai jarak maksimal bila dibandingkan dengan kedua tipe lainnya. (Yv)

mediaOTOMOTIFalat berat,feller buncherKayu akan selalu dibutuhkan untuk berbagai keperluan, baik untuk pembangunan maupun untuk dekorasi rumah. Karena itulah, setiap harinya akan banyak sekali jumlah pohon yang harus di tebang untuk memenuhi kebutuhan kayu tersebut. Menebang pohon dengan secara manual dengan tenaga manusia akan membutuhkan banyak tenaga serta waktu. Untuk mempermudah pekerjaan...Media kumpulan artikel informasi dan tips