Pada usia berapakah orang mulai mempersiapkan masa pensiunnya? Kebanyakan orang akan menjawab pada usia 30an, tidak sedikit yang menjawab 40an, dan tidak banyak yang menjawab pada usia 20 tahunan. Lalu, manakah yang terbaik? Ternyata berbeda dengan pemahaman kebanyakan orang, mempersiapkan masa pensiunan ini, entah dengan menggunakan asuransi pensiun, investasi, atau menabung, paling baik dilakukan sedini mungkin, mulai dari umur Kita 20 tahunan. Lalu bagaimana dengan mereka yang memulai persiapan pensiun lebih lambat atau pada usia mereka memasuki 40 tahunan?

Jangan khawatir dulu bila kita baru mulai mempersiapkan pensiun pada usia 40 tahun, karena sebenarnya tidak ada kata terlambat untuk persiapan ini. Hanya saja, kita harus mengeluarkan effort lebih besar dibandingkan mereka yang telah memulainya sejak usia 20an. Untuk

asuransi pensiun
                         asuransi pensiun

memudahkan persiapan ini ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan, di antaranya :

Rencana/Planning

Pada usia lanjut atau pensiun, semua kebutuhan tentu tidak akan berkurang termasuk urusan financial dan juga kesehatan. Oleh karena itu, sebagian orang akan berusaha untuk mempersiakan semua itu  baik dengan menabung ataupun ikut produk asuransi pensiun dan kesehatan. Maka buatlah rencana pensiun yang tepat. Luangkan waktu dan pikirkan faktor atau hal apa saja yang ideal untuk masa pensiunan kita. Pikirkan kebutuhan yang mungkin ada di masa pensiun, seperti apa saja pengeluaran besar yang akan ada nanti, misalnya biaya kuliah atau pernikahan anak. Dari sini Kita bisa tahu kira-kira berapa banyak dana yang diperlukan pada masa pensiun nanti.

Aksi

Setelah membuat perencanaan di awal tadi, langkah selanjutnya adalah menjalankan apa yang telah direncanakan tadi. Apalagi setelah usia memasuki kepala empat, maka tidak perlu lagi kita membuang waktu. Setelah mengtahui kebutuhan dan apa yang harus dilakukan, maka sekarang saatnya untuk mengikuti rencana tersebut.

Evaluasi

Sebaiknya lakukan evaluasi terhadap strategi atau rencana kita tadi setiap dua tahun. Mengingat jarak yang singkat antara saat ini dengan waktu pensiun Kita, maka perlu memperhatikan dengan jeli faktor-faktor penting seperti keuntungan dari investasi kita apakah sudah sesuai dengan rencana pensiun di awal tadi.

Penyesuaian

Ketika kita melakukan evaluasi terhadap rencana kita tadi, kita mungkin perlu untuk melakukan penyesuaian terhadap asumsi seperti usia pensiun serta jumlah dana simpanan/tabungan kita. Ini karena kita telah ketinggalan sekitar setengah masa menabung kita, maka saat evaluasi ini kita harus hati-hati dalam melakukan penyesuaian rencana pensiun. (raw)

mediaASURANSIGAYA HIDUPartikel asuransi,asuransi pensiun,dana pensiun,dana pesangon,jaminan masa tuaPada usia berapakah orang mulai mempersiapkan masa pensiunnya? Kebanyakan orang akan menjawab pada usia 30an, tidak sedikit yang menjawab 40an, dan tidak banyak yang menjawab pada usia 20 tahunan. Lalu, manakah yang terbaik? Ternyata berbeda dengan pemahaman kebanyakan orang, mempersiapkan masa pensiunan ini, entah dengan menggunakan asuransi pensiun, investasi,...Media kumpulan artikel informasi dan tips