Memiliki anak adalah hal yang membahagiakan bagi setiap pasangan suami istri. Karena itulah, mereka akan berusaha untuk selalu memberikan berbagai hal yang terbaik untuk anak, sejak baru dilahirkan hingga dewasa nanti. Dimulai dari memilih nama yang baik untuk bayi baru lahir, mengajarkannya berbagai hal seperti belajar jalan atau bicara, dan berbagai hal lain.

Diantara berbagai proses belajarnya, belajar jalan adalah salah satu hal yang sangat penting dalam perkembangan hidup si kecil. Sang ibu pastinya akan merasa bahagia ketika si kecil mulai merangkak keliling kamarnya pelan-pelan, lalu ia mulai dapat berdiri sendiri dan berjalan-jalan di sekitar rumah. Si kecil pasti akan sering jatuh dan tersandung, karena jatuh dan bangun juga adalah proses penting dalam pembelajaran seorang anak untuk dapat berjalan. Tetapi, ada kalanya rumah penuh dengan benda-benda yang dapat melukai si kecil ketika ia tersandung atau terantuk. Menjadi tanggung jawab orang tua untuk mengamankan rumah agar si kecil bisa berlatih berjalan tanpa harus terluka.

Berikut adalah beberapa tempat-tempat yang sebaiknya lebih diperhatikan agar anak tetap aman selama menjelajahi rumah:

bayi belajar jalan
bayi belajar jalan
  • Tutup dan kuncilah lemari yang berisi bahan-bahan kimia seperti bahan pembersih dan jauhkanlah barang-barang yang mungkin membahayakan bayi.
  • Pastikan lantai selalu bebas dari barang-barang yang berserakan. Simpanlah karpet, singkirkan kabel, dan ambillah barang-barang yang ada di lantai dan dapat membuat si kecil tersandung.
  • Pasanglah baby gate di atas dan bawah tangga, teralis di jendela yang tinggi, dan pastikan furnitur seperti rak buku tidak akan jatuh ketika dipegang atau ditarik-tarik si kecil.
  • Tutupilah ujung meja dan kursi yang tajam agar anak tidak terantuk dan berdarah. Jika Anda memiliki meja dengan permukaan kaca, sebaiknya disimpan dulu hingga si kecil lebih dewasa.
  • Ingatlah untuk menutup dan mengunci pintu dan laci, agar si kecil tidak memasuki ruangan-ruangan yang banyak berisi benda yang dapat melukainya, berjalan ke luar rumah, atau memanjat laci dan membuat lemari jatuh.
  • Tutupilah permukaan-permukaan panas seperti bagian belakang kulkas dan pemanas agar tangan anak tidak terbakar ketika ia tak sengaja menyentuhnya.

Walaupun rumah sudah diamankan untuk anak, bayi belajar jalan tetap akan jatuh dan seringkali menangis. Ketika ini terjadi, tidak usah marah atau kecewa dengannya. Ceklah apakah si kecil mengalami cedera, dan motivasilah dia untuk mau berdiri dan berjalan lagi. (Dana)

 

mediaINFO KESEHATANKESEHATANartikel ibu,bayi belajar jalan,belajar jalan,perkembangan anak,tips ibu,tumbuh kembang bayiMemiliki anak adalah hal yang membahagiakan bagi setiap pasangan suami istri. Karena itulah, mereka akan berusaha untuk selalu memberikan berbagai hal yang terbaik untuk anak, sejak baru dilahirkan hingga dewasa nanti. Dimulai dari memilih nama yang baik untuk bayi baru lahir, mengajarkannya berbagai hal seperti belajar jalan atau bicara,...Media kumpulan artikel informasi dan tips