Walaupun banyak masyarakat yang sudah menggunakan Water Heater atau yang sering disebut dengan water heater (WH) listrik di rumahnya, masih banyak juga yang memilih mempersiapkan air panas di rumahnya dengan cara tradisional, yaitu memasak air sendiri ketika dibutuhkan. Hal ini bukan disebabkan karena mereka tidak membutuhkan WH, tetapi banyak yang masih merasa ragu untuk memasang WH dirumahnya. Keraguan ini bisa karena mereka merasa WH tidak akan efektif digunakan, atau menggunakan WH akan berbahaya.

Saat WH yang digunakan yaitu WH listrik, selain biaya listrik yang cukup mahal mereka juga takut akan kemungkinan tersetrum listrik. Apalagi, air merupakan jenis konduktor (penghantar listrik) yang baik dan sudah jelas bahwa dalam kamar mandi banyak sekali air, sehingga sangat berpotensi terjadinya aliran listrik. Sebenarnya,

water heater
water heater

berbagai ancaman yang terjadi akibat WH ini dapat dihindari dengan melakukan beberapa cara, antara lain:

  • Instalasi yang Tepat

Perhatikan dengan teliti proses pemasangan WH, dan pastikan WH sudah terpasang dengan aman dan sesuai dengan aturan. Pemasangan WH yang kurang tepat tidak hanya berdampak pada kerjaWH yang tidak dapat berfungsi sempurna, tetapi juga bisa menyebabkan masalah lainnya. Lebih baik jika menyerahkan proses instalasi ini pada orang yang sudah profesional.

  • Peletakan WH

Letakkan WH di tempat yang aman, usahakan agar sumber listrik dari WH tidak terkena cipratan air. Hal ini untuk mencegah terjadinya korsleting listrik yang mungkin terjadi.

  • Periksa instalasi listrik

Pastikan bahwa instalasi listrik bekerja dalam kondisi normal. Selain itu, periksa juga secara rutin apakah seluruh kabel aliran listrik pada WH masih normal (tidak ada sobekan atau tertekuk).

  • Cabut listrik ketika tidak digunakan

Ketika WH sedang tidak digunakan, misalnya malam hari atau pada saat siang hari saat tidak ada orang dirumah, ada baiknya sambungan listrik pada WH dicabut dan dipasang kembali ketika akan digunakan.

  • Gunakan anti kontak

Beberapa WH listrik telah dilengkapi dengan anti kontak pada alatnya. Anti kontak ini berfungsi untuk memutus aliran listrik secara otomatis ketika terjadi kebocoran atau masalah lainnya.

  • Lakukan perawatan secara berkala

Hal ini merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Dengan melakukan perawatan secara rutin, maka WH akan lebih awet dan aman digunakan. (Yv)

mediaLAINNNYApemanas air,water heaterWalaupun banyak masyarakat yang sudah menggunakan Water Heater atau yang sering disebut dengan water heater (WH) listrik di rumahnya, masih banyak juga yang memilih mempersiapkan air panas di rumahnya dengan cara tradisional, yaitu memasak air sendiri ketika dibutuhkan. Hal ini bukan disebabkan karena mereka tidak membutuhkan WH, tetapi banyak...Media kumpulan artikel informasi dan tips