Alat berat dan suku cadangnya merupakan bentuk investasi besar yang tentu saja harus dimanfaatkan sebaik. Nah, kerusakan pada suku cadang alat berat merupakan satu hal yang mencegah Anda untuk mendapatkan manfaat maksimalnya. Bagaimana tidak, perbaikan alat berat dan suku cadangnya kadang memakan waktu yang tidak sebentar sehingga memangkas waktu kerja alat tersebut. Ini tentunya akan sangat merugikan karena akan membuat waktu pekerjaan menjadi molor. Karena itulah, kerusakan pada alat berat sebaiknya sebisa mungkin dihindari.

Lalu bagaimana bila alat berat sudah terlanjur rusak dan harus diperbaiki? Maka, jalan lainnya adalah dengan memperpendek masa perbaikannya. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mempercepat waktu reparasi

alat berat
alat berat

pada alat berat dan suku cadangnya, yakni:

Lakukan perawatan pencegahan

Perawatan pencegahan di sini maksudnya adalah melakukan tindakan perawatan sebelum alat tersebut rusak. Caranya adalah dengan melakukan pengecekan secara berkala terhadap komponen alat berat tersebut. Ini dilakukan selain untuk mencegah kerusakan, juga untuk menghindari kerusakan lebih parah yang bisa saja terjadi di kemudian hari.

Beli di dealer yang juga menyediakan suku cadang asli

Salah satu yang menyebabkan lamanya waktu reparasi adalah sulitnya mencari spare part asli yang rusak. Kadang, Anda harus menunggu selama berhari-hari bahkan berminggu-minggu untuk mendapatkan penggantinya. Ini berbeda bila Anda membeli  alat berat di dealer yang juga memiliki persediaan suku cadang asli di gudangnya. Sehingga waktu reparasi pun jadi lebih cepat.

Lakukan kerjasama dengan dealer

Cara terbaik untuk memperpendek masa reparasi alat berat adalah bekerjasama dengan dealer alat berat. Dealer resmi seperti itu, biasanya selain memiliki persediaan suku cadang, juga pastinya memiliki tenaga teknisi yang sudah berpengalaman dan terlatih yang dapat membantu memperbaiki alat berat yang rusak lebih cepat.

Cek waktu penggunaan alat berat

Sebagai pemilik alat berat, Anda harus rajin-rajin memeriksa total waktu pengguaan alat tersebut. Ini bisa Anda lakukan dengan memeriksa catatan penggunaan alat yag biasa diisi oleh operator secara manual, atau menggunakan software khusus untuk tracking penggunaan alat yang bisa dipasang pada alat berat.

Dengan memperpendek waktu reparasi kerusakan alat berat dan komponennya, proyek yang tengah Anda lakukan pun bisa berjalan tanpa hambatan. (raw)

mediaUncategorizedalat berat,kerusakan alat berat,reparasi alat berat,suku cadang alat beratAlat berat dan suku cadangnya merupakan bentuk investasi besar yang tentu saja harus dimanfaatkan sebaik. Nah, kerusakan pada suku cadang alat berat merupakan satu hal yang mencegah Anda untuk mendapatkan manfaat maksimalnya. Bagaimana tidak, perbaikan alat berat dan suku cadangnya kadang memakan waktu yang tidak sebentar sehingga memangkas waktu...Media kumpulan artikel informasi dan tips