Memasuki masa sekolah, buah hati Anda pastinya akan memasuki fase anak susah makan. Anak menjadi malas makan dan seolah kehilangan selera makannya. Malas sarapan karena masih ngantuk, malas makan siang karena sudah lelah di sekolah, dan malas makan malam karena sudah mengantuk. Untuk mengisi perutnya, anak biasanya akan meninggikan keinginan untuk ngemil. Nah, untuk itu Anda harus mempunyai siasat untuk menghadapinya. Misalnya dengan membawakan bekal untuk anak agar anak tidak jajan sembarangan. Makanan yang disajikan pun harus menarik agar anak tidak bosan dan ingin untuk makan.

Kotak bekal ini juga bisa loh menjadi salah satu cara membujuk anak saat sedang susah makan. Misalnya, dengan membiarkan anak memilih sendiri kotak bekal sesuai dengan seleranya. Namun, memilih kotak bekal juga tidak boleh sembarangan. Berikut ini adalah tips yang bisa Anda gunakan untuk memilih kotak bekal yang pas untuk anak.

  1. Bahan. Pilih bahan yang tidak berbahaya untuk menyimpan makanan dan ringan untuk dibawa. Beberapa wadah plastik yang beredar di pasaran biasanya memiliki zat berbahaya yang bisa meracuni pencernaah anak. Hindari bahan plastik jenis ini dengan mengecek apa kandungannya Biasanya, wadah plastik yang tidak berbahaya berjenis polyethylene.
  2. Kualitas. Memilih kotak makan yang sesuai dengan kualitas Anda memang tidak mudah. Pilihlah kotak bekal yang tidak mudah pecah, tutupnya berfungsi sempurna, dan kuat. Perhatikan pula tempat penyimpan yang cukup besar untuk menyimpan makanan.
  3. Bentuk. Pilih bentuk yang menarik, namun tetap bisa memuat banyak makanan. Akan tetapi, hindari bentuk tempat makan yang memiliki banyak lekukan sehingga bisa membuat kotoran ‘nyelip’ ke sela-sela sehingga susah dibersihkan
  4. Cara mencuci. Cucilah kotak makan anak dengan air yang mengalir dan gunakan air sabun. Untuk mencuci tempat makan yang berminyak, bisa teteskan jeruk nipis atau gunakan banyak sabun pencuci untuk menghilangkannya.
  5. Tempat penyimpanan. Simpan wadah makanan di tempat yang kering dan tidak terkena sinar matahari langsung. Pastikan bahwa wadah penyimpanan untuk bekal anak sudah dikeringkan agar tidak tercipta jamur di tempat yang masih basah.

 

mediaIBU & ANAKKESEHATANbekal anakMemasuki masa sekolah, buah hati Anda pastinya akan memasuki fase anak susah makan. Anak menjadi malas makan dan seolah kehilangan selera makannya. Malas sarapan karena masih ngantuk, malas makan siang karena sudah lelah di sekolah, dan malas makan malam karena sudah mengantuk. Untuk mengisi perutnya, anak biasanya akan meninggikan...Media kumpulan artikel informasi dan tips