Mungkin kita sering melihat, banyak Perusahaan Real Estate yang membangun rumah dengan 2 lantai. Hanya sedikit sekali perumahan real estate yang masih menawarkan rumah 1 lantai. Bahkan, bagi yang sudah memiliki rumah dan melakukan renovasi pada rumahnya pun, banyak yang memilih merenovasi rumahnya menjadi 2 lantai. Lalu, apakah sebenarnya yang menjadi alasan mereka membangun rumah dengan 1 lantai? Apakah rumah 2 lantai memang lebih baik dibandingkan dengan rumah 1 lantai? Berikut ini penjelasannya.

Lahan kosong yang sangat sulit untuk didapatkan dalam ukuran yang luas, embuat banyak perusahaan real estate memaksimalkan pembangunan dengan membangun rumahnya menjadi 2 lantai. Menggunakan cara ini, maka luasbangunan yang akan didapatkan akan bisa dimaksimalkan, meskipun luas tanah terbatas. Apalagi, saat ini banyak pembeli yang menginginkan rumahnya tetap memiliki taman agar terlihat asri dan harus memiliki garasi. Jika rumah dipaksakan untuk dibangun 1 lantai dengan lahan yang sangat terbatas, maka luas bangunan yang didapat akan kecil dan perusahaan tidak akan bisa meninggikan harga jual pada konsumen. Sementara itu, memperluas lahan untuk setiap unit rumah juga bukanlah pilihan, karena itu artinya akan mengurangi unit rumah yang bisa dijual dan berakibat pada penghasilan perusahaan real estate.

Pada rumah yang mengalami renovasi, membangun rumah menjadi 2 lantai biasanya disebabkan karena penghuni rumah membutuhkan ruang yang lebih. Misalnya saja, pada keluarga yang memiliki 2 anak dan tidur dalam kamar yang sama, ketika anak beranjak dewasa anak-anak tentu ingin memiliki privasinya masing-masing. Membangun 1 kamar lagi di lantai yang sama, terkadang akan terasa sangat memaksakan dan membuat ruangan menjadi sangat sempit. Saat inilah, rumah akhirnya akan direnovasi menjadi 2 lantai agar tersedia lahan baru untuk membuat ruangan baru yang dibutuhkan. Rumah 2 lantai juga sering dijadikan ajang kreasi bagi para arsitek. Memberikan desain-desain unik pada bagian cover rumah (tampilan luar rumah) atau mengotak-atik bagian tangga menjadi sesuatu hal yang sering dilakukan.

Meskipun begitu, bukan berarti rumah 1 lantai itu tidak bagus. Jika memiliki lahan yang cukup luas, banyak juga orang yang lebih memilih rumah dengan 1 lantai. Alasannya, karena biaya pembuatannya lebih hemat dan perawatannya cenderung lebih mudah dibandingkan dengan 2 lantai. Jika diserahkan pada arsitektur yang tepat, rumah 1 lantaipun dapat dibuat terlihat artistik. Jad, Rumah 1 lantai atau 2 lantai yang lebih baik? Jawabannya sederhana, semua tergantung pada kondisi dan selera kita.

mediaLAINNYAMungkin kita sering melihat, banyak Perusahaan Real Estate yang membangun rumah dengan 2 lantai. Hanya sedikit sekali perumahan real estate yang masih menawarkan rumah 1 lantai. Bahkan, bagi yang sudah memiliki rumah dan melakukan renovasi pada rumahnya pun, banyak yang memilih merenovasi rumahnya menjadi 2 lantai. Lalu, apakah sebenarnya...Media kumpulan artikel informasi dan tips