Bagi para pengusaha yang bergerak di dalam industri yang membutuhkan angkutan barang setiap harinya, tentu pengadaan kendaraan angkutan barang seperti mobil colt diesel atau truk sangat diperlukan. Namun, jika kebutuhan terhadap kendaraan angkutan barang ini selalu meningkat setiap hari, apakah tidak lebih baik Anda membeli kendaraan sendiri daripada menyewa?

Memang membeli kendaraan angkutan sendiri akan membuat Anda bisa lebih fleksibel dalam mengatur sistem

truck

pengangkutan, baik hasil barang produksi atau bahan baku. Akan tetapi, hal-hal seperti biaya perawatan dan modal yang besar untuk membeli kendaraan perlu juga dipertimbangkan. Terlebih lagi, jika membeli truk, Anda juga harus menyediakan sumber daya manusia untuk mengoperasikannya (driver). Selain membutuhkan pengeluaran untuk membayar jasa mereka, akan ada risiko-risiko tambahan yang mungkin dialami. Misalnya seperti kecelakaan atau hilangnya kendaraan. Jika membeli truk baru, semua risiko seperti ini perlu Anda tanggung sendiri, dan jika terjadi, tentunya dapat menghambat sistem distribusi yang ada.

Oleh karena itu, menyewa truk akan menjadi opsi yang lebih menguntungkan dibandingkan dengan membeli baru. Dengan menyewa truk, Anda bisa menghindari biaya investasi yang cukup besar di awal dan beberapa risiko yang telah disebutkan di atas.

Nah, kalau memang Anda lebih memilih untuk menyewa truk untuk usaha Anda, yang perlu Anda lakukan adalah mengikuti beberapa tips di bawah ini.

  • Tentukan jenis truk yang akan digunakan. Ini karena ada banyak jenis truk yang sering digunakan sebagai alat angkut, dan setiap truk memiliki kapasitas berbeda. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Cari perusahaan ekspedisi yang menyediakan kebutuhan perusahaan Anda.
  • Pilih kondisi truk sebaik mungkin yang sesuai dengan budget. Usahakan untuk memilih truk yang berusia tidak lebih dari tiga tahun. Kalaupun Anda terpaksa untuk memilih truk yang berusia tua, pastikan masih dalam kondisi prima agar tidak mengganggu operasional perusahaan Anda.
  • Pilihlah perusahaan ekespedisi yang sudah menyediakan driver supaya beban Anda bisa lebih ringan.
  • Usahakan untuk bekerjasama dengan perusahaan ekspedisi yang sudah ternama. Namun jika perusahaan ekspedisi ternama memasang harga yang cukup tinggi, Anda dapat melakukan riset lebih mendalam, perusahaan ekspedisi yang masih kecil juga bisa diandalkan asalkan sudah terpercaya kualitasnya.
  • Simpan surat perjanjian sewa kendaraan dan dokumen penting lainnya dengan baik.
  • Selalu pantau progressnya.

Semoga bermanfaat! (Rima)

 

mediaLAINNYAjenis truck,jenis trukBagi para pengusaha yang bergerak di dalam industri yang membutuhkan angkutan barang setiap harinya, tentu pengadaan kendaraan angkutan barang seperti mobil colt diesel atau truk sangat diperlukan. Namun, jika kebutuhan terhadap kendaraan angkutan barang ini selalu meningkat setiap hari, apakah tidak lebih baik Anda membeli kendaraan sendiri daripada menyewa? Memang...Media kumpulan artikel informasi dan tips